Tempat Wisata Alam di Jabodetabek

Apa iya ada rekreasi alam disekitar Jabodetabek? Jawabannya ada dan bahkan banyak. Selian murah wisata alam di Jabodetabek ini juga mudah dijangkau baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dan berikut jajaran wisata alam di Jabodetabek yang dapat Anda jadikan referensi libuaran akhir pekan bersama keluarga.

 

  • Wisata Pulau Tidung

 

Pulau Tidung menjadi salah satu wisata alam yang wajib untuk Anda kunjungi di akhir pekan. Terletak di kawasan Pulau Seribu, Pulau Tidung menawarkan wisata laut yang eksotik lengkap view alamnya yang indah.

Menurut sejarah, Pulau Tidung merupakan dua buah pulau yang bernama tidung besar dan tidung kecil. Kedua pulau ini dihubungkan dengan jembatan besar bernama jembatan cinta yang memiliki panjang 800 meter. Dari atas jembatan inilah keindahan alam di Pulau Tidung terlihat dengan jelas.

Di Pulau Tidung Anda dapat merasakan sensasi wahana bermain air seperti banana boat, jetsky, cano, dan water spot. Untuk masuk ke pulau ini Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar 20 ribu rupiah dan jika ingin menginap Anda dikenakan biaya penginapan sekitar 250 hingga 400 ribu untuk 4 sampai 6 orang.

 

  • Air Terjun Leuwi Hajo

 

Air terjun Leuwi Hajo terletak di kawasan Sentul Kabupaten Bogor Jawa Barat. Air terjun ini memilki debit air yang tidak terlalu deras namun sarat dengan keindahan alam  yang mempesona. Air terjun ini juga terkenal lantaran cerita mistis yang mengikutinya. Kabarnya, air terjun euwi hajo merupakan tempat bersemayamnya Nyi Blorong yang merupakan ratu penguasa Pantai Selatan. Meski sarat akan mitos menyeramkan namun air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan tiba. Jika ingin berkunjung ke air terjun leuwi hajo Anda akan dikenakan biaya masuk sekitar 15 ribu rupiah saja.  

 

  • Wisata Alam Angke Kapuk

 

Wisata Alam Angke Kapuk menjadi wisata pilihan untuk Anda warga Jakarta yang menginginkan wisata alam yang sejuk dan menenangkan. Wisata alam yang terletak di Jakarta Selatan ini menawarkan langskap hutan bakau serta kesejukan udara disekitar Pantai Indah Kapuk. Tak sekedar sebagai tempat bersantai, wisata alam ini juga dapat digunakan untuk bersua foto. Anda cukup membayar harga tiket sebesar 25 ribu rupiah untuk masuk ke kawasan Alam Angke Kapuk.

 

  • Kebun Raya Bogor

 

Kebun Raya Bogor merupakan wisata alam sekaligus wisata edukasi yang tepat untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Di kawasan wisata ini Anda dan keluarga dapat mempelajari berbagai macam jenis fauna yang ada di seluruh Indonesia. Selain mempelajari berbagai jenis fauna kebun raya bogor juga dilengkapi dengan museum zoology dan berbagai fasilitas wisata lainnya. Harga tiket masuk untuk ke Kebun Raya Bogor hanya sebesar 15000 rupiah untuk wisatawan lokal dan 25000 rupiah untuk wisatawan asing.

 

  • Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas

 

Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas menjadi destiansi wisata alam terakhir yang ada di sekitaran Jabodetabek. Hamparan kebun teh, udara yang sejuk serta alamnya yang indah menjadi salah satu alasan mengapa kebun teh ini ramai dikunjungi wisatwaan saat libur hari besar atapun libur akhir pekan.  Selain itu, Keindahan kebun Teh Gunung Mas juga dipercantik dengan langskap Gunung Salak dan Gunung Gede yang bisa Anda jadikan bahan bersua foto. Jika Anda lelah untuk berkeliling, Anda dapat menyewa kuda yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Untuk biaya masuk, pihak pengelola membandrol harga sekitar 15 ribu saja.