Tanda Tanda Datangnya Haid

Tanda Tanda Datangnya Haid

Haid merupakan salah satu iklim reproduksi pada perempuan saat mereka sudah mulai menginjak remaja kemudian dewasa. Awal mula siklus haid ini muncul tidak sama antara satu individu perempuan dengan perempuan yang lainnya. Oleh karena itu, perempuan harus mendapatkan pendidikan mengenai menstruasi dan reproduksi sejak dini. Salah satunya adalah untuk mengenali tanda tanda haid.

Beberapa Tanda Tanda Haid yang Wajib Diketahui

Awal mula kemunculan haid umumnya ditandai oleh beberapa hal. Mulai dari hal yang ringan hingga yang berat. Sekalipun antara satu perempuan dengan perempuan yang lain mengalami tanda-tanda haid yang tidak sama. Namun, secara umum ada beberapa tanda tanda haid yang dialami oleh wanita. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Mengalami Sakit Kepala

Tanda-tanda kedatangan haid yang pertama adalah sakit kepala. Namun demikian, penting untuk dipahami bahwa tidak semua sakit kepala adalah tanda haid. Jenis sakit kepala yang umum dialami saat haid akan datang adalah saat seseorang mengalami sakit kepala berat. Sakit kepala ini tidak hanya menjadi tanda-tanda haid akan datang, namun juga ketika menstruasi tengah berlangsung.

Di antara sebab terjadinya sakit kepala yang menjadi tanda akan datangnya haid adalah karena adanya perubahan kadar pada hormon estrogen di dalam tubuh seseorang. Hormon ini akan menngganggu kinerja hormon pada otak yang menyebabkan sakit kepala yang berat terjadi. Namun, ini tidak berlaku secara universal karena tidak semua perempuan mengalami gejala sakit kepala menjelang haid.

2. Mengalami Mood Swing

Tanda-tanda berikutnya yang menunjukkan Anda sedang mengalami menstruasi adalah adanya mood swing. Sehingga, dapat dipahami bahwa tanda tanda datangnya menstruasi tidak hanya pada perubahan fisik seseorang, namun juga oada kondisi mental atau suasana hati. Kondisi suasana hati yang berubah inilah yang dimaksud dengan mood swing.

Di antara tanda seseorang menjelang menstruasi atau saat menstruasi tiba adalah terjadinya perubahan suasana hati yang cukup signifikan. Misalnya seseorang tiba-tiba merasa marah dalam waktu singkat, kemudian tiba-tiba ia menangis. Gejala perubahan suasana hati ini tidak mempedulikan apakah ia sebelumnya sedang gembira atau sebaliknya.

3. Mengalami Diare atau Sembelit

Berikutnya yang menjadi tanda seseorang mengalami haid adalah terjadi sembelit atau diare. Ada banyak perempuan yang mengeluh bahwa mereka merasa pencernaannya terganggu sebelum haid datang. Bahkan, sejak beberapa hari sebelumnya. Adapun gangguan pencernaan yang dimaksud adalah diare ataupun sembelit.

Sebab terjadinya masalah pencernaan seperti sembelit atau diare di atas adalah karena adanya kenaikan hormon yang umum terjadi sebelum menstruasi. Meningkatnya Prostaglandin tersebut menjadi sebab terjadinya diare, Sementara untuk gejala sembelit menjelang menstruasi adalah disebabkan karena adanya hormon Progesteron yang mengalami peningkatan.

4. Mengalami Perut Kembung

Perut yang kembung ternyata disebabkan oleh banyak faktor. Di antaranya adalah karena tanda tanda haid yang muncul. Banyak perempuan yang mengalami kebingungan mengapa perut mereka tetap kembung, padahal sudah makan dengan porsi yang cukup. Jawabannya adalah bisa jadi itu adalah tanda-tanda bagi seorang perempuan yang akan mengalami menstruasi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sesungguhnya hal tersebut bisa diatasi. Misalnya dengan cara mengurangi asupan dari kandungan garam makanan yang tinggi. Atau dengan meningkatkan konsumsi buah sehingga menjadi lebih banyak. Selain itu, juga bisa dengan cara mengkonsumsi sayuran dengan diimbangi olah raga teratur. Dengan demikian, perut kembung akan dapat diatasi.

5. Payudara Lebih Padat dan Terasa Nyeri Ketika Disentuh

Tanda-tanda selanjutnya adalah pada bagian fisik tubuh yang mengalami perubahan. Dalam hal ini payudara menjadi terasa semakin padat dari biasanya. Di samping itu, saat disentuh juga akan terasa nyeri. Khususnya untuk bagian luar dari payudara tersebut. Namun, nyeri pada bagian payudara tidak selalu menjadi tanda akan datangnya haid. Bisa jadi itu adalah gejala penyakit dan sebagainya.

Namun, kebanyakan wanita akan merasa nyeri di bagian payudara ketika siklus menstruasi tiba. Adanya perubahan pada bagian payudara seseorang tersebut lebih disebabkan karena adanya hormon prolactin yang kebetulan mengalami kenaikan. Hormon ini sesungguhnya adalah jenis hormon yang membantu meningkatkan produksi susu.

6. Terasa Capek Namun Sulit Tidur

Selain beberapa tanda yang disebutkan di atas, masih ada tanda yang lainnya, yaitu rasa lelah dan capek yang cukup terasa. Meski demikian, seseorang akan mengalami susah tidur. Inilah yang menjadi salah satu tanda menstruasi akan datang. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir saat mengalami hal ini karena rasa capek tersebut akan hilang dengan sendirinya sesudah masa menstruasi berakhir.

Adapun rasa capek tersebut lebih disebabkan karena adanya perubahan hormon sebelum datangnya siklus haid. Selain itu, bisa juga disebabkan karena adanya rasa stress pada bagian fisik ataupun stress secara emosional. Untuk mengatasi gejala atau tanda satu ini, sebenarnya Anda bisa membiasakan diri untuk berolahraga ringan secara teratur, khususnya menjelang menstruasi.

7. Mengalami Kram pada Perut

Tanda-tanda lain menjelang haid yang umum dirasakan oleh wanita adalah terjadinya kram di bagian perut. Bahkan, tanda haid dengan kram di perut ini merupakan tanda yang sangat khas sebelum perempuan mengalami haid. Namun, Tidak perlu khawatir dan sebagainya karena kram pada perut ini akan hilang seiring dengan berakhirnya masa menstruasi di setiap bulannya.

Adapun periode dari kram perut yang umum dialami oleh wanita adalah mulai dari satu hingga dua hari menjelang menstruasi tiba. Meskipun ada yang tetap mengalami kram pada saat menstruasi berlangsung. Dan penting untuk dipahami bahwa lama tidaknya gejala menstruasi ini berbeda antara satu perempuan dengan perempuan yang lainnya. Adapun ini adalah tanda-tanda yang umum terjadi.

8. Muncul Jerawat

Munculnya jerawat juga menjadi tanda tanda haid bagi seorang perempuan. Tanda-tanda munculnya jerawat ini sangat mudah untuk dikenali selain munculnya kram pada perut. Mulculnya jerawat ini disebabkan karena adanya kadar hormon yang mengalami peningkatan pada tubuh sesaat menjelang menstruasi tiba.

Dengan meningkatnya kadar hormon tersebut, maka produksi minyak di wajah perempuan akan semakin meningkat dan berlebih. Akhirnya, minyaknya lambat laun menyebabkan jerawat dan pori-pori akan tersumbat. Alhasil jerawatnya akan muncul.

9. Vagina Terasa Kering

Selain itu, sebagian perempuan akan mengalami rasa kering pada vaginanya menjelang menstruasi tiba. Meskipun ada sebagian wanita lain yang mengeluarkan cairan putih sebelum haid. Sebenarnya, itu adalah hal yang sangat wajar. Namun, perbedaan gejala antara satu wanita dengan yang lain lebih disebabkan karena kondisi fisik dan tubuh yang beragam.

Namun, rasa kering pada vagina tersebut akan menghilang seiring dengan menstruasi tiba. Sehingga, Anda tidak perlu merasa khawatir.

Dengan mengenali beberapa tanda tanda di atas, Anda akan semakin mudah dalam membedakan mana yang menstruasi dan mana yang bukan. Namun ingat, bahwa menstruasi merupakan proses mengeluarkan darah dari vagina di masa yang tepat. Karena ada kalanya darah yang keluar bukan darah haid, namun darah penyakit dan sebagainya.