Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

Saat hamil tidak peduli apakah Anda mengalami morning sickness sehingga mengalami mual dan muntah di pagi hari, Anda harus tetap mengonsumsi sarapan sehat untuk mendukung tumbuh kembang bayi dalam kandungan dan penting bagi kesehatan Anda sendiri.

Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai menu sarapan sehat untuk ibu hamil yang mudah untuk diolah dan tidak memerlukan waktu lama. Simak penjelasannya berikut ini.

Menu Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil

1. Smoothies Sayur

Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Bila Anda bosan mengonsumsi dalam bentuk makanan berat, Anda dapat mengolahnya menjadi jus.

Dengan bahan-bahan seperti Susu Almond, Yogurt, Bayam, Biji Chia dan Buah Kiwi Anda dapat mengolah jus sayuran yang lezat dan bernutrisi.

Dalam Smoothies ini mengandung vitamin C yang didapat dari buah-buahan serta protein dan kalsium yang didapat dari yogurt. Sedangkan bayam memberikan sumbangan asam folat yang sangat baik bagi ibu hamil muda, biji Chia merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Untuk membuatnya juga cukup mudah, yakni Anda cukup menghaluskan dengan blender bahan-bahan seperti :

  • 1/2 gelas susu almond
  • 1/2 gelas yogurt
  • 1 buah kiwi
  • 6 lembar bayam
  • 1 sendok makan biji Chia

2. Telur Rebus

Mulai hari Anda dengan mengonsumsi telur rebus, kandungan Kolin dalam telur rebus sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Dalam beberapa penelitian mengungkapkan bahwa masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil umumnya disebabkan oleh kekurangan asupan Kolin. Kolin dapat meningkatkan fungsi otak ibu hamil dan membantu perkembangan otak janin dalam kandungan Anda.

Kuning telur mengandung 1/4 kebutuhan Kolin harian ibu hamil, terutama pada trimester ketiga kehamilan.

3. Oatmeal

Meski mengalami Morning Sickness, bukan berarti itu menjadi alasan Anda melewatkan sarapan. Bila dirasa merepotkan Anda mengonsumsi Oatmeal yang mudah untuk disiapkan.

Anda cukup mencampurkan 1/2 gelas oat dengan 1/2 gelas susu, Anda juga dapat menambahkan buah-buahan seperti pisang, apel atau potongan walnut untuk menambahkan rasa dan vitamin pada menu oatmeal Anda.

4. Sereal Tinggi Serat

Ibu hamil umumnya mengalami masalah gangguan pencernaan. Untuk mengatasi masalah ini Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi serat, salah satunya adalah sereal.

Per takaran saji sereal memiliki kandungan 10-14 gram serat. Konsumsi makanan berserat juga dapat mengatasi masalah konstipasi pada ibu hamil.

Jika pada pagi hari Anda kehilangan nafsu makan, Anda dapat mengonsumsi sereal kering sebagai cemilan sedikit demi sedikit.

Pilihlah sereal yang telah difortifikasi atau yang telah ditambahkan dengan zat besi dan tambahkan buah-buahan seperti jeruk atau anggur. Vitamin C dalam buah-buahan tersebut dapat membantu penyerapan zat besi pada tubuh ibu hamil.

5. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh atau yang sering disebut Whole Grain adalah biji yang belum melalui proses pengolahan dan penambahan bahan-bahan kimia lainnya sehingga kandungan karbohidrat komplek didalamnya masih baik dan lengkap.

Mengonsumsi biji-bijian utuh dapat memberikan ibu hamil rasa kenyang yang lebih lama dan memberikan energi yang dibutuhkan ibu hamil.Selain itu, biji-bijian utuh juga mengandung serat, vitamin C dan asam folat yang baik untuk kehamilan.

Oleh karenanya sebaiknya konsumsi biji-bijian utuh seperti :

  • Nasi Merah
  • Nasi Coklat
  • Nasi Hitam
  • Oat
  • Sorgum
  • Jagung
  • Gandum
  • Quinoa

Demikian pembahasan mengenai Sarapan Sehat untuk Ibu Hamil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mendapatkan kehamilan yang sehat bagi ibu dan bayi dalam kandungan.