Penyebab Kanker Payudara dan Cara Mencegahnya

Penyebab Kanker Payudara dan Cara Mencegahnya

Tahukah Anda, 1 dari 8 wanita akan di diagnosa mengidap kanker payudara? Jika berbicara tentang kanker payudara, hal pertama yang terlintas dipikiran semua orang adalah Apa Penyebab Kanker Payudara?.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti apa penyebab kanker payudara. Para profesional di bidang kesehatan tidak bisa menjelaskan mengapa seorang wanita di vonis mengidap kanker payudara sedangkan yang lainnya tidak. Namun, meski begitu. saat ini telah dipetakan apa saja yang menjadi kemungkin penyebab kanker payudara, berikut penjelasannya:

Faktor Penyebab Kanker Payudara

  • Wanita. Wanita 100 kali lebih berisiko terkena kanker payudara dibandingkan pria.
  • Usia. Seiring bertambahnya usia wanita makan semakin berisiko terkena kanker payudara. Sekitar 75 persen kasus kanker payudara terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa usia efektif untuk mendeteksi kanker payudara adalah mereka yang berusia 50-74 tahun.
  • Faktor Genetik. Memiliki keluarga dengan riwayat kanker payudara membuat Anda berisiko terkena kanker payudara. Mengutip HealthDirect, 9 dari 10 wanita di Australia yang mengidap kanker payudara memiliki keluarga dengan kasus yang sama.
  • Obesitas. Kelebihan berat badan membuat Anda berisiko terkena kanker payudara, terutama setelah memasuki usia menopause.
  • Konsumsi Alkohol. Wanita yang mengonsumsi alkohol lebih dari dua sloki setiap hari berisiko 1,5 kali lebih tinggi terkena kanker payudara daripada mereka yang tidak.
  • Terapi Hormon. Penggunaan terapi hormon oleh wanita lanjut usia selama lebih dari lima tahun sering dihubungkan dengan meningkatnya risiko kanker payudara. Meski efek yang diterima berbeda-beda, namun tidak ada salahnya untuk selalu konsultasi dengan dokter mengenai risiko ini.
  • Menggunakan Pil KB. Mengutip data dari HealthDirect, wanita yang menggunakan alat kontrasepsi berupa pil KB memiliki risiko terkena kanker payudara, bahkan setelah 10 tahun menghentikan penggunaan pil kb.
  • Hamil diatas usia 35 tahun atau Tidak Memiliki Anak. Hamil ketika menginjak 35 tahun keatas dapat membahayakan kesehatan Anda, salah satunya meningkatkan risiko kanker payudara. Pun demikian, jika Anda memutuskan tidak memiliki anak sebaiknya pikirkan karena juga berisiko meningkatkan penyakit kanker payudara.
  • Paparan Bahan Kimia. Paparan karsinogen dan endokrin tertentu yang Anda dapatkan saat menghirup asap rokok atau polusi kendaraan juga dikaitkan dengan kanker payudara.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Setelah mengetahui faktor penyebab, kini masuk dalam cara mencegah kanker payudara. Meski dalam daftar tersebut terdapat faktor genetik dan gender yang dapat menjadi penyebab kanker dan diluar kuasa Anda untuk mencegahnya. Namun, terdapat pula langkah-langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan.

Penerapan gay hidup sehat sangat penting dalam upaya pencegahan kanker payudara, berikut ini beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan sebagaimana dikutip dari Mayoclinic:

1. Batasi Konsumsi Alkohol

Semakin banyak konsumsi alkohol, semakin tinggi risiko kanker payudara mengintai Anda. Berdasarkan penelitian, batas aman untuk konsumsi alkohol untuk wanita dewasa adalah satu sloki setiap harinya, lebih dari itu maka dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh Anda.

2. Hindari Rokok

Telah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa paparan bahan kimia dari rokok dapat menyebabkan masalah kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Bahkan jika Anda seorang perokok pasif, bukan berarti Anda aman dari risiko kanker. Oleh karena itu, hindari kebiasaan rokok dan polusi asap rokok.

3. Jaga Berat Badan

Menjaga berat badan tetap ideal sangat penting untuk kesehatan Anda, selain untuk menghindari penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, hipertensi dan stroke. Menjaga berat badan juga dapat menghindarkan Anda dari kanker payudara, terutama pada wanita yang telah memasuki usia menopause.

4. Konsumsi Herbal

Konsumsi herbal seperti daun afrika dapat membantu Anda mencegah kanker payudara. Manfaat daun afrika dalam mencegah pertumbuhan sel kanker didapatkan dari kandungan antioksidan di dalamnya.

Mengutip Journal Experimental Biology and Medicine dari Manfaat.PRO, senyawa aktif dalam daun afrika dapat menghambat perubahan DNA sel kanker dan penyebarannya di tubuh Anda.

Meski demikian, Anda tidak dapat menggantungkan sepenuhnya dengan konsumsi herbal. Tetap harus diikuti dengan gaya hidup sehat.

5. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga dapat membantu Anda tetap fit, menjaga berat badan Anda tetap ideal, dan juga menghindarkan Anda dari kanker payudara. Untuk menurunkan risiko kanker, Anda diharuskan rutin berolahraga 30 menit setiap harinya. Terutama bagi Anda yang sudah memasuki usia menopause.

6. Menyusui

Air susu ibu sangat baik untuk menunjang kesehatan dan kecerdasan anak Anda, namun aktifitas menyusui juga memberikan efek positif bagi kesehatan ibu. Diketahui, aktifitas menyusui dapat menurunkan risiko kanker payudara. Oleh karena itu, jika memungkinkan susui anak Anda. Lakukanlah.

7. Hindari Terapi Hormon

terapi hormon yang dilakukan untuk mengatasi gejala menopause dalam jangka panjang dapat menyebabkan timbulnya kanker payudara. Lakukan konsultasi kepada dokter anda untuk mengatasi gejala menopause dan kemungkinan melakukan terapi atau pengobatan lainnya.

Jika tidak memungkinkan, lakukanlah terapi hormon dalam jangka pendek dan dosis yang rendah.

8. Hindari Radiasi dan Polusi Lingkungan

Hindari paparan asap rokok dan polusi udara karena kandungan kimia dari keduanya dapat menyebabkan kanker. Gunakan masker saat Anda berkendara diluar dan hindari paparan asap rokok.

9. Hindari Penggunaan Pil KB jika Berusia 35 Tahun Keatas

Menggunakan pil KB bagi Anda yang berusia 35 tahun keatas dapat meningkatkan risiko kanker payudara, hal yang sama juga berlaku jika Anda seorang perokok aktif. Penggunaan pil KB oleh seorang perokok dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, perhatikan jenis alat kontrasepsi yang Anda gunakan dan pilih yang aman.