Reklame Neon Box

Pajak Reklame Neon Box

Iklan menjadi suatu hal yang penting dalam dunia bisnis dan perdagangan. Iklan sering juga disebut dengan reklame karena memang keduanya mempunyai makna yang tidak jauh, begitu juga tujuannya. Reklame yang sering Anda temui di tepi jalan maupun beberapa tempat lain itu memberi banyak pengaruh terhadap kegiatan perusahaan, bahkan pemerintah.

Hal yang sering menjadi permasalahan dan kebingungan orang tertentu dalam reklame adalah pajak. Memang reklame ini merupakan objek pajak yang harus dibayar kepada pemerintah sesuai dengan jenis, bahan, lama tayang, ukuran, dan lain sebagainya. Termasuk dalam hal ini adalah untuk billboard hingga pajak reklame neon box.

Jenis-Jenis Reklame

Pada dasarnya reklame itu ada banyak macamnya seperti berdasarkan tempat pasang, jenis, tujuan pembangunan, hingga menurut media. Banyaknya macam reklame tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan akan iklan sangat banyak, khususnya bagi perusahaan-perusahaan besar. Berikut adalah jenis-jenis reklame:

  1. Baliho
  2. Billboard
  3. Spanduk
  4. Plakat
  5. Poster
  6. Mobile
  7. Neonbox
  8. Videotron
  9. Megatron

Kini juga sudah banyak perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa pemasangan reklame maupun penyewaan reklame tertentu. Memang usaha tersebut cukup menjanjikan, khususnya di daerah kota besar. Seperti yang Anda ketahui bahwa di wilayah ibu kota ada banyak sekali  billboard advertising Jakarta yang terpampang dan itu merupakan produk bisnis suatu perusahaan periklanan.

Pajak Reklame Neon Box

Kebanyakan reklame yang dari jenis tersebut di atas merupakan objek pajak, termasuk pajak reklame neon box. Peraturan mengenai perhitungan atau besaran pajak yang dikenakan pada reklame tersebut beragam tergantung pemerintah daerah sendiri. Begitu pula dengan lama pasang atau tayang hingga bahannya juga menjadi pertimbangan kena pajak.

Neon box termasuk reklame atau media periklanan yang berada di luar ruangan seperti halnya billboard atau videotron yang terpampang di pinggir jalan raya dan sebagainya. Oleh sebab, itu pemasangan neon box juga terkena pajak.

Pajak neonbox ini berbeda-beda tiap daerah tergantung tingkat keramaian dan strategis. Semakin ramai dan strategis wilayah pemasangan noen box, maka biaya pajak yang dikenakan juga semakin tinggi. Hal itu pada dasarnya sudah dipertimbangkan oleh pemerintah dengan menghitung pendapatan pengusaha dan sebagainya.

Ukuran neon box yang Anda pasang juga berpengaruh terhadap besaran pembayaran pajak. Semakin besar dan lebar neon, maka biaya pajak yang harus dibayar lebih tinggi, dan begitu sebaliknya. Begitu pula banyaknya neon box yang Anda pasang di luar ruangan juga akan menambah beban pajak usaha.

Jadi, sebaiknya Anda memasang reklame di dalam ruangan saja atau tetap memasang neon box di luar ruangan seminimal mungkin. Hal ini bisa menjadi strategi bisnis Anda khususnya untuk mengurangi beban pajak dan sebagai upaya meningkatkan pendapatan yang lebih. Meskipun demikian, Anda juga harus tetap membayar pajak reklame tepat waktu sesuai dengan aturan pemerintah daerah.