Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Manfaat Wortel

Jika Anda ingin mendapatkan asupan vitamin A, lupakan suplemen vitamin A sintetis yang banyak dijual di pasaran. Konsumsi wortel dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian Anda dan beragam manfaat kesehatan lainnya seperti mencerahkan kulit, mencegah kanker, mengatasi kemandulan dan mencegah penuaan dini. Simak ulasan manfaat wortel untuk kesehatan dibawah ini.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Wortel memiliki kandungan beta karoten yang dapat memerangi beragam jenis kanker. Dalam berbagai penelitian menyebutkan bahwa perokok yang tidak mengonsumsi wortel berisiko tiga kali lebih tinggi untuk terkena kanker paru-paru daripada mereka yang mengonsumsi wortel.

Konsumsi makanan tinggi beta karoten dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker usus, jus wortel dapat memerangi sel leukimia dan menghambat pertumbuhannya dan beta karoten juga dapat melindungi Anda dari risiko kanker prostat.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan masalah kesehatan mata Anda. Konsumsi wortel dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan harian vitamin A tubuh Anda. Oleh karena itu, sebelum terlambat ada baiknya Anda lindungi mata Anda dengan mengonsumsi wortel.

3. Mencegah Penurunan Fungsi Mata

Degenerasi Makular atau penurunan fungsi mata karena faktor usia umumnya dialami oleh mereka yang telah berusia lanjut. Namun, hal ini dapat dicegah bila rutin mengonsumsi makanan tinggi beta karoten, salah satunya wortel. Mereka yang rutin mengonsumsi wortel umumnya memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami degenerasi makular dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi wortel.

Provitamin A, yang terbentuk saat beta karoten berpisah lewat reaksi enzim juga dapat menjaga fungsi mata tetap optimal.

4. Meningkatkan Kesuburan Kandungan

Manfaat Lain dari Phytonutrient Beta Karoten adalah baik untuk program hamil. Beta Karoten disebut juga sebagai vitamin penyubur kandungan karena perannya dalam menjaga keseimbangan hormon yang baik saat program hamil.

Selain itu, beta karoten juga baik untuk ibu hamil muda karena dapat menurunkan risiko keguguran pada trimester pertama kehamilan.

5. Menjaga Sistem Pencernaan

Wortel memiliki kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh Anda. Serat dalam wortel dapat meningkatkan pergerakan perut Anda sehingga menurunkan risiko sembelit dan melindungi Anda dari beragam penyakit perut dan usus seperti kanker perut.

Serat dalam wortel juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada dinding arteri dan pembuluh darah sehingga membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dan beragam jenis antioksidan yang terkandung dalam wortel dapat melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, rambut dan kuku.

Vitamin A dalam wortel dapat mencegah penuaan dini, timbulnya jerawat, kulit kering, dan perubahan warna kulit dampak dari radikal bebas dan sinar ultraviolet.

7. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Konsumsi wortel merupakan salah satu cara alami menjaga kesehatan gigi dan mulut. Wortel dapat membersihkan gigi dan mulut Anda, wortel dapat menyingkirkan plak dan partikel makanan yang menyangkut di sela-sela gigi.

Wortel juga dapat menstimulasi gusi dan menstimulasi produksi air liur yang dapat menyeimbangkan asam dan konsentrasi bakteri di mulut Anda. Selain itu, mineral yang terkandung dalam sayuran orange ini juga dapat mencegah kerusakan gigi.

8. Mengontrol Tekanan Darah

Wortel juga kaya akan potassium yang berperan sebagai Vasodilator, artinya potassium dapat menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini menjaga fungsi organ dan mengurangi stress pada sistem kardiovaskular Anda.

Dengan demikian, Anda dapat terhindarkan dari penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

9. Mengeluarkan Racun

Konsumsi vitamin A secara rutin dapat mendetoksifikasi racun dalam tubuh Anda. Wortel dapat mengurangi cairan empedu dan lemak pada liver. Selain itu, serat dalam sayuran ini juga dapat membersihkan usus dan membuang racun yang ada dalam tubuh Anda.

10. Mencegah Penyakit Stroke

Seperti yang dijelaskan diatas, konsumsi wortel dapat melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah tinggi sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, salah satunya stroke.

Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian Universitas Harvard yang menyebutkan bahwa mereka yang mengonsumsi lima atau lebih wortel dalam sepekan memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita penyakit stroke dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi wortel. Oleh karena itu, sebanyak masukan wortel dalam menu harian Anda.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Wortel untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.