Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Kol

Manfaat kembang kol untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi, kandungan nutrisi di dalam sayuran ini dapat memberikan tubuh Anda perlindungan dari sinar ultraviolet, meredakan peradangan, menjaga kesehatan jantung, mencegah risiko penyakit kanker, menjaga kesehatan sistem pencernaan dan banyak lagi lainnya.

Kembang kol merupakan sayuran yang termasuk dalam keluarga Brassicaceae yang dipercaya berasal dari dataran Tiongkok, namun saat ini kembang kol banyak dikembangkan di negara lain, termasuk Indonesia.

Meski umumnya Anda melihat varian kembang kol yang berwarna putih, namun sayuran ini terdiri dari jenis varian yang dibedakan dalam beberapa warna seperti kuning, ungu dan hijau. Masing-masing jenis memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, namun memiliki manfaat kesehatan yang sama baiknya.

Berikut ini ulasan mengenai Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan tubuh Anda yang sayang untuk dilewatkan. Simak ulasannya dibawah ini:

Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kembang kol memiliki kandungan senyawa Sulforaphane yang dapat memberikan perlindungan pada kulit Anda dari radiasi sinar UV A dan UV B yang merusak kesehatan kulit Anda. Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa Sulforaphane dapat memberikan perlindungan tubuh Anda dari risiko penyakit kanker, meredakan peradangan kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

2. Meredakan Peradangan

Peradangan merupakan salah satu penyebab penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke dan kanker. Kembang kol memiliki kandungan antioksidan dan sifat anti-peradangan yang dapat meredakan stress oxidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kembang kol kaya akan beragam jenis antioksidan seperti Beta-Cryptoxanthin, Quercetin, Rutin, Kempferol, Cinnamic Acid, Caffeic Acid, dan Ferulic Acid. Selain itu, konsumsi 100 gram kembang kol dapat memenuhi 73 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh Anda, vitamin C merupakan antioksidan yang efektif untuk meredakan peradangan di tubuh Anda.

3. Mencegah Kanker

Kembang kol memiliki nutrisi Glucosinolates yang berperan dalam mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh Anda, Glucosinolates berperan dalam memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh karena radikal bebas dan mencegah terjadi mutasi genetik menjadi sel kanker.

Dalam beragam penelitian menyebutkan bahwa konsumsi kembang kol secara rutin dapat menurunkan risiko beragam penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker liver, kanker usus dan kanker paru-paru.

4. Kaya Vitamin K

Kembang kol merupakan salah satu dari sedikit makanan yang memiliki kandungan vitamin K di dalamnya, vitamin K merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang Anda, vitamin ini berperan dalam menjaga kandungan mineral dalam tulang Anda sehingga mencegah terjadinya osteoporosis di kemudian hari.

Mengutip Trimester123.com, vitamin K juga merupakan merupakan vitamin untuk ibu hamil muda, vitamin ini berperan penting dalam mencegah kelainan darah pada tubuh bayi Anda dan membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan Anda.

5. Mengeluarkan Racun

Komponen kimia yang terkandung dalam sayuran in seperti Glucoraphanin, Sulforaphane, Glucobrassicin, dan Gluconasturtiian merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengeluarkan racun pada tubuh Anda.

Senyawa Glucosinolates merupakan nutrisi esensial yang berperan dalam menyerapan racun dan mengeluarkannya lewat proses metabolisme tubuh Anda.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam setiap 100 gram kembang kol, sayuran ini hanya memilki kandungan 29 kalori, rendah gula dan tidak memiliki kandungan lemak. Kandungan serat dalam buah ini dapat memberikan rasa kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga mencegah Anda mengonsumsi makanan berlebihan. Selain itu, serat dalam sayur ini dapat mengikat lemak dan mengeluarkannya dari tubuh Anda.

Oleh karena itu, masukan kembang kol dalam menu program diet Anda setiap hari.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Kembang kol memilki kandungan Cholin, ya bentuk lain dari vitamin B yang berperan penting dalam menjaga kesehatan otak Anda. Cholin merupakan nutrisi vital yang ketika dikombinasi dengan senyawa sulfur dari sayuran ini dapat memperbaiki membran sel otak Anda. Hal ini dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak, meningkatkan kemampuan otak, meningkatkan koordinasi otot dan memperkuat memori Anda.

8. Baik untuk Ibu Hamil

Jika Anda mencari vitamin ibu hamil muda, kembang kol merupakan jawabannya. Kembang kol memiiki kandungan beragam vitamin B, termasuk asam folat. Asam folat merupakan nutrisi penting untuk membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan dan mencegah terjadinya kerusakan saraf bayi Anda pada trimester pertama kehamilan.

9. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Sulforaphane dalam sayuran ini berperan penting dalam melindungi jaringan otot retina mata Anda dari kerusakan karena radikal bebas. Karena kandungan komponen ini, kembang kol dapat memberikan Anda perlindungan dari penyakit katarak, penurunan fungsi mata karena faktor usia dan mencegah kebutaan.

10. Meningkatkan Sistem Imun

Kembang kol memiliki nutrisi penting seperti Kalsium, Fosfor, dan Selenium yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan sodium dalam sayuran ini juga dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda, hal yang sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.