Manfaat Coklat Hitam untuk Kesehatan

Manfaat Coklat Hitam

Dark Coklat atau Dark Chocolate merupakan coklat yang memiliki kandungan lebih dari 60 persen kandungan dari biji Kakao dan tanpa campuran susu sehingga memiliki warna yang lebih gelap dan rasa yang pahit, coklat ini sering disebut coklat yang alami.

Selain perbedaan dari tampilan dan rasanya yang gelap dan pahit. Kandungan senyawa aktif dalam coklat hitam juga berbeda dengan coklat pada umumnya. Coklat hitam memiliki senyawa antioksidan Flavonoid yang dapat menghindarkan Anda dari beragam masalah kesehatan karena radikal bebas, selain flavonoid dalam coklat hitam terdapat kandungan :

  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Copper
  • Mangan
  • Potassium
  • Fosfor
  • Zinc
  • Selenium

Dengan kandungan senyawa aktif yang beragam dalam coklat hitam sudah barang tentu salah satu bahan pelengkap makanan ini dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Berikut ini saya ulas mengenai Manfaat Coklat Hitam bagi Tubuh Anda, simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Coklat Hitam untuk Kesehatan

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi coklat hitam dua kali dalam seminggu dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah Anda, hal ini dalam jangka panjang dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit jantung.

Beragam penelitian menyebutkan bahwa idealnya seseorang mengonsumsi coklat hitam sebanyak dua kali dalam seminggu, kandungan antioksidan dalam coklat dapat menghancurkan plak-plak pada pembuluh darah dan menghindarkan Anda dari risiko kronis.

2. Baik bagi Penderita Diabetes

Mengonsumsi coklat hitam dapat menghindarkan tubuh Anda dari resisten terhadap insulin, sehingga coklat jenis ini sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes.

Dalam studi yang dilakukan di Italia menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi satu batang coklat hitam satu hari selama 15 hari menunjukan bahwa resistensi tubuh terhadap insulin menurun hingga setengahnya. Dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa antioksidan dalam coklat hitam dapat menciptakan gas yang disebut Nitric OXide yang dapat meningkatkan sensitifitas tubuh Anda terhadap insullin.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Antioksidan yang dimiliki coklat hitam sanga baik untuk menstimulasi dinding pembuluh dari untuk menciptakan gas, hal ini dapat menenangkan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi pembuluh darah Anda. Kondisi ini sangat baik untuk penyaluran nutrisi ke seluruh tubuh.

Kondisi diatas juga dapat membuat tekanan darah menurun, sehingga Anda dapat terhindarkan dari risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan Stroke.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Coklat juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak pada mereka yang berusia lanjut dan mengalami penurunan fungsi otak. Coklat hitam juga dapat meningkatkan kemampuan verbal dan menurunkan beragam risiko penyakit kronis. Selain itu, coklat juga memiliki kandungan Kafein dan Theobromine yang dapat meningkatkan kemampuan otak dalam waktu singkat.

5. Mencegah Penyakit Stroke

Flanovoid dalam coklat hitam dapat melindungi otak dari kerusakan dan mencegah penyakit stroke. Mereka yang rutin mengonsumsi coklat memiliki sel-sel saraf yang lebih sehat dan kondisi ini dapat menghindarkan dari risiko stroke daripada mereka yang tidak.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan Flavonoid dalam coklat hitam dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan karena sinar matahari. Antioksidan ini berperan dalam menjaga sirkulasi darah Anda tetap lancar dan meningkatkan kelembapan kulit.

Jika Anda pekerja yang banyak menghabiskan waktu diluar, mengonsumsi dark chocolate dapat menurunkan risiko kulit terbakar matahari atau membantu meminimalisir efek terbakar sinar matahari. Dan jika telah mengalami kulit terbakar matahari, konsumsi coklat jenis ini dapat membantu pemulihan berjalan lebih cepat.

7. Mencegah Depresi

Coklat memiliki kemampuan untuk menghindarkan Anda dari depresi, coklat memiliki kandungan serotonin kimia yang beperan sebagai anti-depresan yang dapat menstimulasi produksi endorphin pada otak. Telah banyak studi yang menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi coklat hitam memiliki kadar hormon stress yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Selain itu, coklat juga dapat mengatasi masalah mental lainya seperti kecemasan tinggi, stress berkepanjangan dan gejala kurang tidur karena stress.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika Anda berencana untuk membentuk otot tubuh, mengonsumsi coklat hitam ini dapat Anda konsumsi sebelum latihan. Coklat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat Anda dapat meningkatkan intensitas latihan.

Selain itu, kandungan protein yang terdapat dalam coklat ini sangat baik untuk mempercepat perbaikan sel-sel otot yang rusak dan membantu Anda mendapatkan massa otot yang diinginkan.

9. Meningkatkan Kesuburan Pria

Kemampuan coklat untuk melancarkan sirkulasi darah dapat menjaga kesehatan organ reproduksi pria karena dapat memaksimalkan kemampuan ereksi. Selain itu, Warna gelap yang dimiliki oleh coklat ini ternyata sangat baik untuk kesuburan pria.

Dark Coklat dapat meningkatkan kadar L-Carnitine yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi sperma dan kemampuan gerak sel sperma saat berada di dalam rahim. Hal ini tentu saja meningkatkan peluang pasangan Anda untuk hamil

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Coklat Hitam untuk Kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam memanfaatkan bahan-bahan alami untuk kesehatan diri dan keluarga Anda.