Kelinci

Kelinci Mencret

Sampai saat ini penyakit kembung dan mencret pada kelinci merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya untuk kelinci. Kelinci mencret memang bukan penyakit yang berat, namun jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian pada kelinci. Penyakit ini memag sangat meresahkan bagi pemelihara kelinci. Sebelumnya Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi ciri- ciri kelinci mencret, penyebab dan cara mengatasinya.

Kelinci terkena penyakit diare atau mencret, membuat Anda yang pemelihara kelinci berfikir apa yang menjadi penyebab kelinci mengalami mencret.

Ciri- Ciri Kelinci Mencret dan Kembung

  1. Kotoran kelinci lembek atau cair dan tidak seperti biasanya.
  2. Kelinci menjadi tidak aktif dan sering berdiam diri.
  3. Perut kelinci akan terlihat lebih besar dari biasanya.
  4. Nafsu makan menjadi menurun.
  5. Suhu badan rendah, khususnya pada bagian telinga dan perut.
  6. Mata kelinci akan terlihat sayu dan lesu.

Mencret dan kembung merupakan jenis penyakit yang berbeda. Namun tetap saja kedua penyakit ini saling berkaitan, karena proses berlangsungnya yang cenderung bergantian. Hewan peliharaan ini akan mengalami perut kembung setelah mencret. Pola makan yang tidak teratur dan sembarangan sebagai salah satu pemicu kelinci menjadi mencret dan kembung.

Selain itu, daya tahan tubuh yang rendah juga dapat menyebabkan kelinci lebih mudah terserang penyakit. Biasanya kedua penyakit ini akan dialami oleh kelinci yang masih usia di bawah 3 bulan yang memang daya tahan tubuh masih belum sempurna.

Cara Mengatasi Kelinci Mencret

Ada beberapa teknik pengobatan yang dapat Anda lakukan jika kelinci mengalami mencret dan perut kembung.

1. Melakukan Pemijatan

Pemijatan merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan jika kelinci megalami mencret dan kembung. Pada dasarnya kembung disebabkan karena proses pecernaan yang tidak sempurna dan terdapat gas pada perut kelinci. Dengan melakukan pemijatan yang benar, maka BAB kelinci akan kembali normal.

2. Ramuan Tradisional

Untuk mengatasi kelinci mencret dan kembung, Anda dapat memberikan ramuan tradisional dengan bahan- bahan seperti temulawak, jahe dan bawang putih. Cara pembuatannya yaitu dengan menumbuk halus salah satu bahan tersebut, kemudian direbus menggunakan air hinga mendidih dan masukkan gula merah. Setelah itu di saring dan berikan ramuan tersebut ketika masih hangat.

3. Pakan Alami

Berikan makanan kepada kelinci, apabila kelinci masih mau makan. Sebaiknya berikan makanan yang alami seperti daun jambu dan papaya selama kelinci mengalami mencret.

4. Obat Kimia

Jika ketiga cara di atas tidak mampu menyembuhkan kelinci dari mencret, maka sebaiknya Anda berikan obat kimia. Anda dapat memberi Intertim Oral yang diberikan melalui mulut.  Apabila kelinci dengan kondisi lemas dan tidak mampu mebuka mulutnya, maka sebaiknya berikan suntikan LA. Anda bisa mendapatkan alat tersebut di toko obat khusus hewan.

Sedangkan untuk perut kembung, Anda dapat memberikan Permethyl 5% atau Enroten (TMC).Obat tersebut sangat aman di konsumsi oleh kelinci.