Gambar Ciri-Ciri Kanker Serviks

Ciri-Ciri Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan jenis penyakit berbahaya yang menyerang perempuan.Kanker serviks sendiri merupakan jenis penyakit kanker yang menyerang daerah leher rahim wanita.

Gambar Ciri-Ciri Kanker Serviks
Gambar Ciri-Ciri Kanker Serviks

Penyakit organ reproduksi ini tentu sangat berbahaya karena menyerang organ reproduksi yang merupakan harta seorang wanita. Kanker serviks disebabkan oleh suatu virus yag bernama HPV atau Human Papilloma Virus.

Biasanya, kondisi kanker serviks ini baru terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut, sehingga sulit ditangani dengan baik.Padahal, penyakit ini masih dapat diobati atau disembuhkan jika mampu terdeteksi sejak dini.

Oleh sebab itu, melakukan pemeriksaan organ reproduksi secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua kaum wanita.

Hal ini bertujuan agar mereka bisa mendeteksi adanya penyakit atau masalah kesehatan lainnya sejak dini. Selain rutin melakukan pemeriksaan, setiap wanita juga harus mengetahui apa saja ciri-ciri kanker serviks.

Dengan begitu, maka mereka dapat mendeteksi dan melakukan pengobatan secepatnya jika telah positif mengalami kanker serviks.

Ciri-Ciri Kanker Serviks Yang Dapat Dideteksi Sejak Dini

Pada dasarnya, penyakit kanker serviks cukup sulit untuk dikenali.Hal ini menyebabkan penanganan penyakit ini sering telat. Oleh sebab itu, sangat penting bagi wanita untuk mengetahui apa saja gejala kanker serviks agar penyakit ini dapat dideteksi sejak dini dan dilakukan pengobatan secara tepat.

Nah, gejala yang umum dialami oleh penderita kanker serviks adalah mengalami pendarahan yang abnormal. Jadi, wanita penderita kanker serviks akan sering mengalami pendarahan di luar periode menstruasi.

Pendarahan ini dapat terjadi dengan jumlah yang bervariasi, dapat lebih banyak atau lebih sedikit dari menstruasi biasa.Pendarahan semacam ini juga dapat tejadi pada wanita yang telah mengalami monopause.

Selain itu, penderita kanker serviks biasanya juga akan mengalami pendarahan vagina setelah melakukan hubungan seksual. Jika ciri-ciri kanker serviks ini terjadi pada Anda, maka Anda wajib melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pada dasarnya, wanita sangat normal jika mengalami keputihan. Namun, hal ini akan menjadi hal yang tidak biasa pada wanita yang menderita kanker serviks.

Pada umumnya, keputihan pada wanita normal berupa cairan bening yang tidak terlalu kental serta tidak mengeluarkan bau menyengat. Namun, wanita yang menderita kanker serviks akan mengalami keputihan dengan warna dan bau yang tidak normal. Biasanya, keputihan yang keluar berwarna putih atau bahkan berwarna kecokelatan.Selain itu, bau yan timbul juga sangat tidak sedap.

Ciri-ciri kanker serviks lainnya adalah mengalami rasa nyeri saat sedang melakukan hubungan seksual.Namun, gejala ini biasanya hanya muncul pada saat wanita tersebut telah memasuki kanker stadium lanjut.

Saat berhubungan intim, penderita kanker serviks akan mengalami rasa nyeri pada bagian panggul. Gejala lain dari penyakit kanker serviks ini di antaranya adalah mengalami sembelit, terdapat bercak darah pada urine, keluar feses dari vagina, mudah lelah, mengalami pembengkakan pada salah satu tungkai, nafsu makan hilang, berat badan menurun, serta menjadi lebih sering buang air kecil.

Gejala-gejala tersebut sebaiknya diwaspadai sebagai deteksi dini terjadinya penyakit kanker serviks. Jangan ragu untuk melakukan vaksin kanker serviks guna mencegah terjadinya penyakit ini.