Cara Merawat Ikan Koi

Cara Merawat Ikan Koi

Ikan koi ini sering kita jumpai di tempat- tempat pusat perbelanjaan dan di restoran. Ikan ini memiliki warna warni yang sangat indah dan menarik. Sehingga ikan ini sangat digemari oleh masyarakat untuk dipelihara di rumah. Jika Anda ingin memelihara ikan koi, maka jangan khawatir karena jenis ikan ini tidak sulit untuk dipelihara.

Ikan yang satu ini masih tergolong sejenis dengan ikan mas namun memiliki banyak jenis perbedaan mulai dari ukuran, pola tubuh dan juga warna. Ikan Koi terdiri dari bemacam- macam warna seperti corak hitam, putih, krem, orange, biru, merah dan kuning. Cara merawat ikan koi tidaklah sulit, jadi ikan ini dapat Anda jadikan hewan peliharaan di rumah Anda.

Cara Merawat Ikan Koi Bagi Pemula

Jika Anda tertarik untuk memeliha ikan koi, ada beberapa cara yang harus Anda perhatikan agar ikan koi tidak mati. Berikut ini cara merawat ikan koi yang baik untuk pemula.

1. Memilih Kolam Ikan yang Tepat

Kolam ikan dapat dibuat dari berbagai macam jenis bahan. Jika Anda ingin membuat kolam ikan sendiri, sebaiknya dengan ukuran tinggi sekitar 1 meter yang dapat menampung air 100 liter, itu hanya untuk memelihara 1 ikan. Jika Anda ingin memelihara ikan koi lebih dari satu, maka ukuran kolamnya juga harus lebih besar.

2. Memberi Makan Ikan sesuai dengan Kondisi

Pada saat memberikan pakan pada ikan koi, Anda harus memperhatikan dua hal yaitu suhu kolam dan dan ukuran ikan. Ikan koi memiliki tenggorokan yang lebih kecil dibanding ikan ainnya, sehingga saat memberi makan harus dalam jumlah yang tepat dan tidak kelebihan. Untuk menghindari ikan kelebihan makanan yang akan beresiko tidak baik karena akan terganggu kesehatannya dan dapat mebahayakan nyawanya.

Untuk memberikan pakan pellet pada ikan, sebaiknya pilih pellet yang berkualitas. Pelet yang dianjurkan untuk ikan koi yaitu kadar proteinnya diatas 30%.

3. Mengukur Suhu Air Kolam Ikan

Ikan koi adalah salah satu hewan peliharaan air yang sangat digemari manusia karena memiliki warna kulit yang berariasi. Oleh karena itu, jika Anda mememlihara harus dengan penuh kecintaan. Selain memperhatikan pakan yang harus diberikan. Masalah suhu air pun juga perlu diperhatikan, jumlah makanan yang diberikan dan frekuensi pemberian makan juga tergantung pada suhu air.

Karena perubahan suhu air yang ada pada kolam dapat mempengaruhi metabolisme ikan. Semakin tinggi suhu kolam, maka metabolisme ikan koi juga akan semakin meningkat.

4. Menyediakan Tanaman Alami pada Kolam Ikan

Cara merawat ikan koi yang terakhir adalah dengan menambahkan tanaman alami pada kolam ikan. Selain ikan mendapat nutrisi dari makanan yang kita berikan juga dapat dari tanaman yang ada pada kolam. Anda juga dapat menambahkan makanan alami seperti potongan sayur selada, bayam, weortel yang sudah diserut sebagai suplemen tanaman untuk ikan koi.