Gambar Cara Mendidik Anak Usia Dini

Cara Mendidik Anak Usia Dini

Bagi Anda yang bergelut di profesi pendidikan usia dini mungkin telah memiliki trik tersendiri mengenai cara mendidik anak usia dini. Anda perlu memiliki jiwa yang besar dan hangat agar anak-anak didik Anda merasa nyaman. Seperti yang kita ketahui, anak usia dini rata-rata memiliki mood yang naik turun. Bahkan ada yang super sensitif (cengeng).

Gambar Cara Mendidik Anak Usia Dini
Gambar Cara Mendidik Anak Usia Dini

Nah, biasanya seorang guru PAUD sering menceritakan cerita atau dongeng menarik. Contoh cerpen singkat ini rasanya cukup menarik perhatian anak-anak. Biasanya mereka akan sangat antusias dan aktif bertanya tentang isi cerita hingga akhir cerita.

Di bawah ini, terdapat beberapa cara mendidik anak usia dini. Simak ulasannya, ya!

  1. Biarkan Anak Mencoret Dinding

Namanya juga anak-anak, moodnya berubah-ubah dan tindakannya sesuai kemauan mereka. Misalnya, anak-anak biasanya sering menggambar di tembok. Jika mereka lebih tertarik untuk mengeksplorasi dinding, maka biarkan saja. Anda tak perlu khawatir, sebab kini telah banyak produk cat tembok yang mudah dibersihkan.

  1. Mendidik Kebersihan Anak

Jika telah tiba waktu makan siang atau waktu istirahat, maka ajarkanlah mereka untuk mencuci tangan sebelum makan. Kebersihan merupakan sebagian dari Iman, maka selain mencuci makan sebelum/sesudah makan, Anda pun perlu memberi contoh untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

  1. Memuji Kreativitas Anak

Umumnya hasil coretan anak memang cukup absurb. Jangan sekalinya Anda menertawai atau komplain terhadap hasil kerja si anak, sebab bisa jadi itu membuat mentalnya turun. Berikan pujian dan motivasi kecil agar suatu hari hasil pekerjaan mereka mengalami pogress yang cukup baik.

  1. Berikan Nilai pada Pekerjaan Anak

Sama halnya dengan seorang pekerja yang membutuhkan gaji sebagai bentuk apresiasi atas pekerjaan mereka. Hal ini juga berlaku bagi anak usia dini, bagi mereka nipai yabg guru berikan atas pekerjaannya merupakan suatu apresiasi dan hak bagi mereka.

  1. Mendidik Kepekaan Emosional

Jika ada beberapa anak yang jahil dan jadi biang kegaduhan di kelas. Anda dapat melatih kepekaan emosional mereka dengan membri perhatian khusus bagi anak-anak tersebut. Jangan dimarahi. Cukup latih kepekaan emosional mereka dengan cara yang baik agat anak tidak makin menjadi-jadi.

  1. Mendidik Religiusitas Anak

Ini sangat penting, adanya kebiasaan baik seperti berdoa sebelum dan sesudah belajar, berdoa ketika hendak makan dan beribadah sesuai waktu dapat terbawa hingga si anak tumbuh dewasa nantinya.

  1. Mendidik Jiwa Sosial Anak

Mendidik kepekaan sosial juga sangat berarti. Jika anak didik Anda ada yang tidak memiliki pensil misalnya, Anda dapat memberi solusi untuk meminjamnya pada teman. tentunya dengan itikad baik untuk tidak menghilangkan ataupun merusaknya.

Lihat respon teman-temannya pada si anak. Jika si anak tersebut terabaikan, Anda bisa menarik perhatian mereka agar mau meminjamkan alat tulis pada si anak yang membutuhkannya.