cara-mencegah-diabetes

Cara Mencegah Diabetes Agar Tubuh Tetap Sehat

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah seseorang yang melebihi batasan normal. Ada banyak faktor yang memicu munculnya penyakit ini. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara mencegah diabetes agar tubuh tetap sehat dan normal. Namun, cara yang dilakukan harus aman dan terpercaya.

Beberapa Langkah Penting Mencegah Diabetes yang Wajib Diperhatikan

Salah satu faktor yang menyebabkan maraknya penyakit diabetes adalah pola hidup yang kurang sehat, Namun Anda tak perlu khawatir karena saat ini bahasan pola hidup sehat telah dibahas di wasilah.info. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui cara-cara mencegah penyakit satu ini. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Hindari Jenis Minuman yang Manis

Cara pertama yang harus diperhatikan sebagai upaya mencegah penyakit diabetes adalah menghindari minuman manis. Di antara contoh minuman manis yang wajib dihindari adalah minuman berperasa, soda dan lain sebagainya yang dapat memicu penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena jenis minuman pemanis dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

2. Jaga Keseimbangan Berat Badan

Selain menghindari minuman manis, Anda juga perlu menjaga keseimbangan berat badan supaya terhindar dari risiko terkena penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena berat badan yang terlalu berlebih bisa memicu diabetes. Karena itu, jika berat badan Anda tergolong berlebih, sebaiknya segera mencari upaya dan solusi menurunkannya.

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Manfaat buah papaya salah satunya dan sayuran dalam mencegah diabetes sangat besar. Sehingga, usahakan untuk setiap hari mengkonsumsi aneka sayur dan buah yang segar dan sehat. Selain dapat terhindar dari risiko diabetes, Anda juga akan mendapatkan tubuh yang sehat. Namun, pastikan kadar gula dalam buah dan sayur tersebut tidak terlalu tinggi.

4. Hindari Mengkonsumsi Daging Olahan

Adapun cara mencegah diabetes yang selanjutnya adalah dengan mencegah eneka daging olahan. Termasuk di dalamnya mengkonsumsi daging merah. Karena daging tersebut memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, sehingga bisa menyebabkan rusaknya sel yang memproduksi insulin. Inilah yang dapat memunculkan risiko serangan diabetes.

5. Hindari Jenis Makanan Berlemak

Selain menghindari daging merah dan daging olahan, Anda juga perlu menghindari aneka makanan berlemak. Hal ini disebabkan karena makanan yang berlemak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Dan fatalnya itu adalah jenis kolesterol jahat. Sehingga, kadar kolesterol tersebutlah yang nantinya akan mempengaruhi gula darah yang terdapat di dalam tubuh.

6. Kurangi Porsi Makan

Adapun cara berikutnya agar terhindar dari risiko diabetes adalah dengan mengurangi porsi makan. Terlebih jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Karena di dalam karbohidrat sendiri terdapat kandungan glukosa yang berpotensi untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Akhirnya, hal ini bisa memicu penyakit diabetes yang membahayakan Anda.

7. Hindari Rokok dan Alkohol

Selain beberapa cara di atas, ada juga cara mencegah diabetes selanjutnya, yaitu dengan menghindari rokok dan alkohol. Hal ini disebabkan karena kedua bahan ini dapat mempengaruhi hormon insulin sehingga dapat menyebarkan glukosa dalam organ tubuh. Oleh karena itu, risiko Anda terkena diabetes pun menjadi semakin besar. Belum lagi kinerja otak yang terganggu.

Agar seseorang dapat terhindar dari risiko diabetes, maka ia harus melakukan cara-cara di atas. Karena jika dibiarkan, maka potensi untuk terserang diabetes juga akan semakin besar. Dan jika sudah terlanjur terkena penyakit ini, maka proses penyembuhannya juga akan sangat lama. Dengan demikian, sebelum terlanjur terkena penyakit ini dan merugikan Anda, sebaiknya lakukan langkah pencegahan.