Cara Melancarkan Peredaran Darah yang Tersumbat

Cara Melancarkan Peredaran Darah yang Tersumbat

Peredaran darah yang lancar merupakan hal yang krusial bagi kesehatan Anda, sirkulasi darah yang lancar dapat memastikan tubuh Anda mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup.

Banyak orang yang mengalami penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh beragam faktor baik dikarenakan kondisi kesehatan tertentu maupun karena kurang aktif bergerak.

Tubuh Anda selalu mensirkulasikan cairan tanpa henti, khususnya darah. Faktanya, jantung memompa lebih dari empat liter darah setiap menitnya. Darah ini membawa oksigen yang berperan agar fungsi organ tubuh anda bekerja maksimal, lebih jauh oksigen membantu tubuh menyingkirkan sampah-sampah sisa metabolisme tubuh Anda.

Sehingga saat peredaran darah Anda terganggu, maka sirkulasi oksigen dan nutrisi di dalam tubuh Anda akan terganggu, dan hal ini akan menyebabkan beragam gangguan kesehatan seperti kesulitan konsentrasi, kram, sakit kepala dan banyak lainnya.

Namun, Anda tidak perlu risau, dalam artikel ini saya akan membahas mengenai cara melancarkan peredaran darah. Simak ulasannya dibawah ini:

Cara Melancarkan Peredaran Darah yang Tersumbat

1. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Olahraga jenis apapun atau seringan jalan kaki dapat membantu melancarkan sirkulasi darah tubuh Anda.

Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30-60 menit tiga kali dalam sepekan, bila sudah terbiasa maka tingkatkan intensitas olahraga dengan melakukan olahraga seperti jogging, berenang, bersepeda maupun senam aerobik.

Olahraga akan melatih otot jantung dan meningkatkan detak jantung Anda, hal ini akan membuat peningkatkan sirkulasi darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

2. Body Massage

Rutin melakukan body massage tidak hanya memberikan ketenangan dan relaksasi pada tubuh Anda, pijatan pada tubuh juga menstimulasi peredaran darah Anda.

Pijatan dapat mempercepat sirkulasi. Tekanan pada tubuh Anda memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah pada area yang mengalami penyumbatan. Dengan kata lain, saat tangan terapis selesai melakukan pijatan pada daerah tertentu, maka sirkulasi darah pada area tersebut akan terbuka dan lancar.

Gerakan-gerakan massage juga membantu menyingkirkan asam laktat pada otot Anda, hal ini juga membantu sirkulasi darah tubuh Anda tetap lancar.

3. Konsumsi Teh Bawang Dayak

Konsumsi teh bawang dayak merupakan salah satu cara melancarkan sirkulasi darah. Lebih jauh, konsumsi herbal ini juga dapat menjaga kesehatan sistem kardiovaskular Anda, sehingga mencegah diri Anda mengalami serangan jantung dan stroke.

Mengutip Manfaat.pro, kandungan senyawa kimia Alicin dalam bawang dayak berperan pengencer darah sehingga membantu memudahkan pergerakan darah pada tubuh Anda dan mencegah pembekuan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah Anda.

4. Minum Air Putih

Banyak yang mengira minum air putih dua liter setiap hari hanya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh demi mencegah dehidrasi. Namun, tahukah Anda, menjaga asupan air putih setiap hari merupakan salah satu melancarkan peredaran darah? Ya. selain mencegah dehidrasi air putih juga metabolisme tubuh Anda dan membantu mengeluarkan zat-zat beracun yang dapat menyumbat pembuluh darah Anda.

Oleh karena itu, jangan lewatkan dua liter air putih setiap hari untuk kesehatan tubuh Anda.

5. Hindari Stress

Stress merupakan salah satu hal yang dapat merusak kesehatan tubuh Anda. Banyak gangguan fungsi organ ketika tubuh Anda mengalami kondisi stress. Lebih jauh, stress juga dapat menyebabkan gangguan sirkulasi darah Anda.

Oleh karena itu, temukan cara untuk meredakan stress yang Anda alami. Atau lakukan beberapa langkah berikut untuk meredakan stress Anda :

  • Yoga
  • Meditasi
  • Mengunyah Permen Karet
  • Mendengarkan Musik
  • Piknik bersama Keluarga

6. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan salah satu cara melancarkan peredaran darah yang tersumbat. Dampak air hangat yang mengenai tubuh Anda akan meningkatkan detak jantung dan memompa darah lebih cepat, dan di saat bersamaan pembuluh darah Anda akan tenang dan melebarkan sebagai efek relaksasi yang diberikan air hangat.

Kondisi diatas, sangat baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh Anda.

7. Konsumsi Buah Citrus

Konsumsi buah-buahan citrus seperti Jeruk, Mangga, Nanas, Strawberry dan lainnya yang akan akan kandungan vitamin C merupakan salah satu cara alami untuk melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Vitamin C berperan menjaga ke-enceran darah tubuh Anda. Selain itu, kandungan serat dalam buah-buahan juga berperan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

8. Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi merupakan hal yang krusial untuk menjaga sirkulasi darah tubuh Anda tetap lancar. Zat besi merupakan komponen pembentuk sel darah merah tubuh Anda, tanpa zat besi maka tubuh Anda akan mengalami gejala anemia sehingga menghambat penyaluran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh Anda.

Oleh karena itu, penuhi kebutuhan zat besi haria Anda dengan mengonsumsi makanan sehat seperti :

  • Daging Merah
  • Sayur Bayam
  • Pakchoy
  • Lentil
  • Oatmeal
  • Nasi Merah

Demikian pembahasan mengenai Cara Melancarkan Peredaran Darah yang Tersumbat, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan cara-cara alami dan menyehatkan.