Cara Agar Data Whatsapp Tetap Aman

Cara Agar Data Whatsapp Tetap Aman

Sekarang whatsapp sudah menjadi platform komunikasi online yang paling populer, hal itu dibuktikan dengan banyaknya pengguna aplikasi ini yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Kita semua tentunya menginginkan agar semua data yang kita kirim lewat whatsapp tetap terjaga kerahasiaannya. Untuk itu kami ingin sedikit berbagai mengenai cara agar data whatsapp tetap aman.

Beberapa yang bisa anda lakukan yaitu:

1. Matikan Informasi Last Seen

Kita ketahui bersama bahwa siapapun bisa melihat kapan seseorang terakhir online atau membuka WA. Sebaiknya nonaktifkan informasi last seen anda dengan cara:

Buka WhatsApps –> Account –> Privacy –> Last Seen –> “Nobody“.

Keterangan:

  • Nobody: Semua orang tidak bisa melihat.
  • My Contacts: Hanya yang terdaftar di kontak kita saja yang bisa melihat

2. Sembunyikan Status

Kita bisa mengatur agar status kita tidak bisa dilihat oleh semua orang, dan hanya bisa dilihat oleh kontak yang ada di handphone anda. Caranya:

WhatsApps –> Account –> Privacy –> Status –> “Nobody”/”MyContacts”

3. Hapus Percakapan.

Ini perlu dilakukan ketika anda tidak ingin orang lain membaca chat anda dengan orang tertentu. Caranya sangat mudah, yaitu:

WhatsApps –> Klik Salah Satu Akun (yang ingin anda blok) –> Klik icon/menu pengaturan yang ada di kanan atas –> pilih More –> Clear Conversation.

4. Mengunci WhatsApp

Gunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci WA, sehingga tidak sembarangan orang yang bisa mengakses aplikasi WA di handphone anda.

5. Sembunyikan Foto WA di Gallery.

WA secara otomatis akan membuat folder sendiri untuk menyimpan foto dan video yang dikirim oleh teman anda. Agar kedua folder tersebut tidak muncul, caranya dengan

Iphone:

Settings –> Privacy –> Photos –> Unmark WhatsApp.

di Android:

buka aplikasi File Manager yang anda miliki > masuk ke folder WhatsApp –> Media –> WhatsApps Image.

Lalu buat sebuah file dengan nama ‘.nomedia‘ di dalam folder tersebut(tanda tanda kutip).

Dengan cara itu maka foto dan video yang ada di WhatsApp anda tidak akan muncul di Gallery.

6. Sembunyikan Photo Profile

Buat orang lain tidak bisa melihat foto profil anda kecuali orang yang ada di daftar kontak kita. Caranya:

Buka WhatsApp –> Account –> Privacy –> Profile Photo –> “Nobody”

7. Berhati-hati berkomunikasi di WhatsApp

Jangan pernah memberitahu informasi sensitif seperti rincian rekening bank, informasi paspor, rincian kartu kredit, password website, password email atau apapun yang bisa merugikan diri sendiri. Karena sekarang sudah ada cara sadap whatsApp yang sudah banyak digunakan.

8. Blok akun pengganggu

Blokir orang yang sangat mengganggu aktivitas anda di WA. Agar mereka tidak bisa melihat foto, last seen, ataupun status anda. Caranya:

buka WhatsApps –> Klik Salah Satu Akun (yang ingin anda blok) –> Klik icon/menu pengaturan yang ada di kanan atas –> pilih More –> Block.

9. WhatsApps Web

Jangan lupa ketika anda sudah selesai menggunakan WA Web, pastikan anda sudah langsung logout dari WA Web agar tidak digunakan oleh orang lain.