susu-kambing

5 Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan

Apakah Anda gemar minum susu? susu apa yang biasa Anda minum? Tahukah Anda, susu tidak hanya berasal dari sapi loh. Susu merupakan cairan berwarna putih pekat yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina setelah melahirkan. Jadi tidak hanya sapi yang mampu menghasilkan susu, namun setiap mamalia betina juga memiliki potensi yang sama, seperti adalah susu kambing etawa.

Susu kambing etawa belum terlalu umum dipasaran, namun susu ini menawarkan manfaat yang mampu melebihi susu sapi secara umumnya. Bahkan Journal of American Medicine menyebutkan bahwa susu kambing etawa merupakan susu terbaik setelah ASI. Hanya saja, harga susu kambing etawa sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga susu sapi. Namun bila dibandingkan dengan manfaat yang didapat, bukankah harga justru tidak menjadi masalah?

Saat ini produksi susu kambing etawa masih sangat kalah bila dibandingkan dengan produksi susu sapi secara umumnya. Seekor sapi dapat menghasilkan 10 liter susu dalam 1 hari, sedangkan seekor kambing etawa hanya mampu menghasilkan 1 liter susu per hari. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab tingginya harga susu kambing etawa dibandingkan dengan susu sapi.

Berikut merupakan 5 manfaat susu kambing etawa:

  1. Ramah bagi lambung

Tingkat asam lemak dalam susu kambing lebih rendah dibandingkan dengan susu lain, sedangkan kandungan protein membantu melunakkan kotoran dalam usus dan menghindarkan lambung serta usus dari iritasi. Sistem pencernaan manusia membutuhkan waktu selama 30 menit untuk mencerna susu kambing etawa, sedangkan butuh waktu 2-3 jam untuk mencerna susu sapi.

  1. Mengobati gangguan pernapasan

Susu kambing etawa memiliki beta-kasein dengan laktosa yang rendah sehingga mencegah alergi dan menjaga kebersihan sistem pernapasan. Selain itu fluorine juga membantu meleburkan pengendapan dalam paru-paru menjadi bakteri baik. Hal ini mampu mengobati TBC, paru-paru basah bahkan sebagai sarana terapi penyembuhan kanker paru-paru.

  1. Penyuplai asupan nutrisi

Seperti susu-susu lainnya, susu kambing etawa menjadi salah satu solusi pemenuhan kebutuhan asupan nutrisi seperti yang disarankan kampanye 4 sehat 5 sempurna. Namun tak semua masyarakat menyadari kebutuhan tersebut dikarenakan harga susu kambing etawa yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga susu lain.

  1. Meningkatkan kekebalan atau antibodi

Susu kambing etawa memiliki kandungan 10 sampai 100 kali kandungan fluorin pada susu sapi. Fluorin sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

  1. Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Kandungan zat besi dan mineral pada susu kambing etawa membantu pertumbuhan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis (Pengeroposan tulang) dan pengapuran sendi.

Nah 5 manfaat diatas hanya sebagian manfaat dari lebih dari ratusan manfaat susu kambing etawa. Oleh karena itu, susu kambing etawa dapat menjadi salah satu pilihan pengganti susu sapi guna revitalisasi tubuh. Terutama untuk tubuh yang sedang dalam masa pemulihan.

Sumber : Manfaat Susu Kambing