Cara Mengganti Password Laptop Windows 10

Mungkin anda memiliki pengalaman yang sama dengan saya. Saya dihadiahi laptop oleh kakak saya, tentu beserta password loginnya. Masalahnya waktu itu saya ingin mengganti password tersebut ke kombinasi angka yang biasa sudah saya hafal.

Waktu itu saya browsing mencari tutorial kesana kemari yang mudah dipraktekan, syukur nemu tutorial berbahasa inggris yang mudah saya mengerti.

Nah berbekal dari pengalaman tersebut, saya ingin membagikan pengalaman ini kepada anda yang saat ini mungkin mengalami kejadian yang mirip dengan saya.

Untuk laptop windows sendiri memang bisa tanpa password atau dengan password. Dikutip dari situs netgeek Kita bisa mengubahnya melalui menu user account. Nah bagaimana caranya? Simak cara mengganti password laptop windows 10 berikutĀ  ini:

Cara Mengganti Password Laptop Windows 10

  1. Langkah pertama adalah buka Start Menu dan buka menu setting. Atau bisa juga dengan tekan keyboard lambang windows bersamaan dengan huruf I.
  2. Setelah itu Buka menu bertuliskan Account.
  3. Nah disinilah menu account yang saya maksud diatas, berikutnya adalah klik menu Sign-in Options lalu klik Change.
  4. Untuk mengkonfirmasi bahwa yang ingin merubah password ini adalah anda sebagai pemilik asli laptop tersebut, maka windows meminta Anda memasukan password lama laptop tersebut.
  5. Setelah itu klik Next. Kolom berikutnya adalah memasukan password baru yang Anda inginkan. Kemudian ada Password Hint yang maksudnya adalah kalimat atau kata yang mengingatkan anda pada password baru ini. Misal tanggal jadian.

O ya kamu juga bisa memasukan password berupa angka saja, di windows ini disebut pin.

Cara Mengganti Password Jadi PIN

  1. Cara mirip dengan diatas, setelah klik menu sing-in option. Kemudian pada menu PIN klik Add.
  2. Sebelum memasukan pin barunya, kita tetap harus memasukan password yang berlaku saat ini.
  3. Setlah itu masukan PIN yang anda mau, masukan lagi PIN nya, kemudian klik OK.
  4. Selesai.

Sebenarnya masih banyak jenis pembuka kunci di laptop windows 10, bisa dengan perangkat bluetooth, menggunakan flashdik, dan menggunakan gesture gambar.

Pastikan bahwa password yang anda gunakan adalah psw yang akan anda ingat selamanya. Karena jika sudah lupa password, sepertinya bakal cukup sulit untuk meresetnya. Bisa sih tapi anda harus melakukan backup dahulu untuk berajaga jaga.

Windows 10 adalah versi windows terbaru saat ini, masih terus dilakukan update. Update yang terus menjadi fokus microsoft salah satunya adalah pada sektor security.

Seperti yang kita tahu, data sekarang sama pentingya dengan harta benda. Walau tidak berwujud tapi sangat penting keberadaanya, oleh karena itu berhati hatilah terhadap keamanan data anda.

Lakukan backup secara rutin, jangan sampai tidak sengaja melakukan delete apalagi sampai format. Sekali bahwa budaya backup rutin perlu anda lakukan dari sekarang daripada menyesal nanti.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *