Cara Mengatasi Android yang Tidak Bisa di Root

Cara Mengatasi Android yang Tidak Bisa di Root

Mungkin Anda akan merasa sedikit kesal atau bahkan putus asa ketika sedang melakukan proses root Android namun selalu gagal, bahkan mungkin Anda sudah mencobanya secara berulang kali menggunakan berbagai aplikasi Root Android.

Melansir dari Kang Flash, Root sangat diperlukan jika Anda ingin mendapatkan hak akses secara penuh ke sistem operasi Android yang Anda miliki.

Semua akses penuh bisa Anda dapatkan setelah berhasil melakukan root Android. Namun bagaimana jika gagal? Jika Anda sedang mengalami masalah rooting Android yang selalu gagal, berikut beberapa cara mengatasi Android yang tidak bisa di root.

1. Download File Root dalam Bentuk ZIP

Jika sebelumnya Anda selalu gagal untuk melakukan root menggunakan aplikasi apapun, berarti aplikasi tersebut tidak mendukung secara penuh proses rooting untuk HP Android yang Anda gunakan.

Jadi dengan begitu Anda membutuhkan alternatif lain, salah satu cara root yang terbukti paling efektif dan memiliki tingkat keberhasilan paling tinggi adalah melakukan proses root menggunakan file Zip.

Untuk mendapatkan file root tersebut, Anda bisa mencarinya di Google dengan kata kunci “Root Nama HP ZIP”. Setelah itu, silahkan cari dan download file root yang sesuai dengan HP Anda.

2. Masukkan File Root ke SD Card

Setelah Anda mendapatkan file root tersebut, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan memasukkan file root tersebut ke MicroSD di Android Anda.

Namun perlu Anda perhatikan, simpan file root tersebut di luar folder, jangan masukkan ke dalam folder apapun. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses rooting.

3. Masuk ke Menu Recovery

Berikutnya, Anda harus bisa masuk ke menu Recovery di smartphone Android Anda.

Namun sebelumnya, matikan terlebih dahulu HP Android Anda dengan cara tekan dan tahan tombol power lalu pilih opsi matikan. Pastikan HP benar-benar mati.

Selanjutnya tekan dan tahan tombol Power + Volume Up + Volume Down hingga Anda berhasil masuk ke Recovery Mode.

Sebagai catatan, pada beberapa HP memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke menu recovery, berikut beberapa kombinasi tombol untuk masuk ke menu recovery yang bisa Anda coba:

  • Power + Volume Down
  • Power + Volume Up
  • Power + Home

Setelah Anda berhasil masuk ke menu recovery, silahkan lakukan langkah berikut ini untuk melanjutkan proses root Android.

4. Install File Root

Pada halaman recovery mode, hal yang harus Anda lakukan yaitu melakukan proses penginstalan file root tersebut.

Untuk menginstalnya silahkan buka menu install lalu cari dan pilih file root zip yang sebelumnya sudah Anda simpan di SD Card.

Setelah itu, ikuti semua instruksi yang muncul hingga proses rooting berjalan. Silahkan tunggu hingga proses tersebut selesai, biasanya akan memakan waktu sekitar 5 – 10 menit.

Setelah proses selesai, hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah melakukan restart atau reboot Android. Setelah itu tunggu hingga HP hidup kembali dan root berhasil Anda lakukan.

Di atas adalah langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk melakukan cara mengatasi Android yang tidak bisa di root. Setelah Anda melakukannya dan berhasil, selamat kini Anda sudah mendapatkan akses penuh ke sistem Android Anda.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *