persiapan pernikahan bagi muslim dan muslimah

Persiapan Pernikahan Bagi Muslim

Menikah adalah peristiwa sakral yang kalau bisa lakukan sekali seumur hidup. Karena dengannya hidup lebih tenteram akibat adanya teman hidup yang mendampingi.

Langsung saja, berikut ini akan dijelaskan persiapan-persiapan tersebut:

11 Persiapan Pernikahan Bagi Muslim dan Muslimah

1. Mempersiapkan Niat Menikah

Persiapan yang pertama adalah niat. Pastikan muslim yang akan menikah niatnya untuk mendapatkan ridho Allah. Selain untuk mencetak keturunan atau generasi.

Ada 4 niat perempuan dinikahi yaitu karena kecantikan, kekayaan, nasab dan agama. Jika niatnya untuk agama maka semuanya akan didapatkan.

Sebaliknya jika niatnya hanya karena kecantikan atau ketampanan, maka hanya itu saja yang didapatkan dari pernikahan yang dijalankan.

2. Mempelajari Pernikahan Menurut Islam

Jika ingin menikah persiapan yang tidak boleh dilupakan adalah pelajari dulu pernikahan menurut islam. Termasuk cara meng-khitbah hingga syarat nikah dan mahar.

Jika ini tidak dipersiapkan pernikahan bisa kacau. Lebih parahnya lagi pernikahan bisa batal jika syarat sah pernikahan ala islam tidak terpenuhi.

3. Melakukan Khitbah

Khitbah istilah kerennya adalah meminang. Biasanya yang meminang adalah kedua orang tua si pria atau walinya. Di tahap ini boleh diperlihatkan calon perempuannya sebatas wajah dan telapak tangan.

Jika sudah sampai tahap khitbah boleh ditindaklanjuti dengan perjanjian mahar hingga penetapan tanggal pernikahan. Syaratnya si perempuan masih single atau belum di-khitbah lelaki lain. Karena haram hukumnya seorang muslim meminang perempuan muslimah yang sudah dipinang muslim lainnya.

4. Menjaga Fisik Tetap Bugar

Jika ketiga tahapan di atas dilakukan maka mulailah mempersiapkan fisik agar bugar. Karena pernikahan adalah aktifitas sakral dan muamalah yang dilihat publik.

Selain itu, dalam pengucapan ijab kabul ada perasaan takut yang kadang mengganggu. Maka dari itu, fisik dan mental harus kuat supaya bisa mengucapkan ikrar pernikahan dengan tenang.

Caranya silakan berolahraga ringan dan makan makanan bergizi. Sehingga ketika ijab kabul stamina fresh pikiran juga tenang.

5. Mempersiapkan Materi

Materi yang dimaksud adalah uang untuk membeli mahar serta mas kawin. Jika ada kelebihan boleh membelikan pasangan perempuan cincin sebagai pengikat.

Di dalam islam tugas ini dibebankan kepada pihak laki-laki. Maka dari itu, harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Sedangkan bagi muslimah diharamkan meminta di luar kemampuan calon suaminya.

6. Mengatur Proses Ijab Kabul

Biasanya ijab kabul dilakukan di kediaman calon pengantin perempuan. Maka dari itu, pihak ini harus mempersiapkannya sebaik mungkin. Termasuk mengundang penghulu, kerabat serta para saksi.

Karena ini acara paling sakral persiapannya harus benar-benar detail. Termasuk mengatur jam mulainya acara pengucapan ikrar pernikahan.

7. Persiapan Untuk Mengadakan Walimah

Walimah lebih dikenal dengan istilah resepsi pernikahan. Ini sunah nabi karena setelah ijab kabul pernikahan harus disiarkan agar tidak terjadi fitnah.

Persiapan terkait hal ini adalah pastikan pengaturan tempat juga sesuai sunah. Yaitu tidak boleh bercampur antara perempuan dan laki-laki. Juga tidak boleh ada hiburan yang mempertontonkan aurat.

8. Mempersiapkan Menu Walimah

Di dalam acara walimah atau resepsi pernikahan disunahkan menyediakan makanan. Bahkan Rasullullah menyampaikan suguhkan makanan dalam walimah sekalipun hanya satu kepala kambing.

Menyuguhkan makanan bukan untuk gaya-gayaan sampai menyewa catering mahal. Tetapi sebatas tanda rasa bahagia dan syukur karena proses akad hingga resepsi berjalan lancar.

Karena ini merupakan anjuran maka sebelum melakukan pernikahan bolehlah mencari tahu makanan yang akan disuguhkan kepada tamu. Karena walimah di rumah mempelai perempuan maka pihak inilah yang menentukannya.

9. Mempersiapkan Busana Pengantin

Persiapan pernikahan ke sembilan adalah mempersiapkan busana pernikahan. Pastikan pakaian yang digunakan tidak melanggar syariat apalagi membuka aurat.

Jika perlu pilih desainer yang jago membuat busana pengantin ala syar’i. Harganya memang lebih mahal daripada menyewa tetapi ini lebih aman daripada menggunakan busana murah tetapi mengundang dosa.

10. Mulai Bertanya-Tanya Seputar Prosesi Ijab Kabul Maupun Walimah

Karena ini pertama kali dilakukan tentu ada perasaan kagok yang terkadang memicu was-was. Maka dari itu, silakan bertanya kepada teman yang menikah tentang apa yang dilakukan di dua peristiwa tersebut.

Yang termasuk persiapan ini adalah berlatih mengucapkan ijab kabul. Hal ini juga bisa dipelajari melalui video di youtube, web pernikahan, atau instagram. Berdasarkan pengalaman penulis, pada platform tersebut banyak yang sharing mengenai hal ini.

11. Meminta Restu Kedua Orang Tua

Persiapan selanjutnya yang wajib dilakukan kedua calon mempelai yaitu meminta restu kedua orang tua. Di dalam islam tidak dikenal istilah kawin lari apalagi kawin gantung. Maka dari itu, tetaplah berpegang teguh pada agama yang lurus.

Karena efek mudaratnya lebih besar. Yang jelas kedua orang tua merasa tersakiti. Jika ini yang terjadi ada jaminan rumah tangga tidak akan berkah.

Itulah persiapan pernikahan untuk yang beragam islam yang harus dilakukan setiap muslim dan muslimah. Jika semua sudah dilakukan tinggal berdoa semoga acara bisa dilangsungkan dengan lancar tanpa rintangan, insya allah.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *