tes kecepatan internet

Cara Tes Kecepatan Internet di HP, PC, & Laptop

Sudah tidak terelakkan lagi kalau internet menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat banyak, karena digunakan oleh orang dampak, kecepatan dari internet ini pun juga sangat penting. Tapi, bagaimana cara untuk tes kecepatan internet.

Salah satu manfaat dari munculnya internet ini adalah memudahkan banyak masyarakat dalam mendapatkan informasi apapun yang dibutuhkan dan diinginkan. Namun, untuk mendapatkan akses internet ini, diperlukan adanya berlangganan paket data.

Tips dan Cara Tes Kecepatan Internet

Terdapat beragam penyedia layanan internet seperti indihome yang terhubung langsung ke WiFi atau menggunakan paket internet berbasis kuota. Kecepatan dari beragam macam provider ini juga tidak sama, alias masing-masing berbeda.

Bukan hanya macam provider yang menyediakan dengan kecepatan yang ditawarkan berbeda, dua pengguna yang menggunakan satu macam jenis provider pun bisa sangat mungkin kecepatan internet yang dimiliki berbeda dengan sangat signifikan.

Bisa jadi faktor lokasi membuat kecepatan internet tersebut terganggu dan berbeda dalam kecepatan yang ditawarkan, terlepas dari hal itu, berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan dan dipakai untuk mengecek atau mengetes kecepatan dari internet tersebut.

Melalui Ponsel Pintar atau Smartphone

Cara pertama yang digunakan untuk mengetes atau mengecek kecepatan internet adalah memakai ponsel pintar atau smartphone dan Anda bisa menggunakan layanan dari Speedtest.net. Namun, para pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Akan tetapi, jika Anda tidak ingin ruang penyimpanan pada ponsel pintar atau smartphone milik Anda terbuang sia-sia, terdapat layanan lain yang sangat bisa dijadikan alternatif. Yakni dengan cara menggunakan tool online speedtes.co.id, berikut caranya.

  • Masuk ke situs SpeedTest.co.id.
  • Kemudian, dapat langsung dipakai melakukan tes kecepatan pada internet yang Anda gunakan dengan klik tombol Start Test.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi dari kecepatan internet yang tengah diukur dari unduh, upload, ping dan jitter.

Cara kedua ini juga dapat digunakan memakai ponsel pintar atau smartphone tetapi menggunakan layanan berbeda yakn speedcheck.org, caranya pun mudah dan tidak ribet dilakukan melalui ponsel pintar milik Anda, berikut caranya.

  • Kunjungi situs Speedcheck.org melalui browser yang terdapat pada ponsel pintar Anda.
  • Kemudian klik Start Test.
  • Jika sudah, Anda hanya dapat menunggu proses pengecekan koneksi internet hingga selesai.
  • Lalu akan muncul pop up informasi mengenai koneksi internet seperti latency, kecepatan download, upload, alamat IP dan provider yang dipakai.

Meski demikian perlu diketahui kalau hitungan tersebut bukanlah kecepatan download sesungguhnya, dalam artian lain masih ada perhitungan yang perlu diketahui dan lebih detail dari perhitungan lewat layanan ini.

Melalui PC atau Laptop

Ada banyak tool online yang digunakan untuk melakukan tes kecepatan dari internet yang dipakai, tetapi satu yang paling direkomendasikan adalah Speedtest.net, karena lebih akurat dan terpercaya. Untuk lebih mudahnya adalah berikut ini caranya.

  • Masuk ke situs atau halaman Speedtest.net.
  • Klik tombol go untuk memulai tes terhadap kecepatan internet.
  • Tunggu beberapa detik hingga proses pengecekan selesai.
  • Setelah itu, akan muncul pop up informasi mengenai kecepatan internet seperti kecepatan pings, download, hingga upload.

Beberapa penjelasan dan pengertian diatas merupakan sedikit informasi dari sekian banyak cara yang digunakan untuk tes kecepatan internet. Semoga informasi yang diberikan dapat berguna karena mudah digunakan dan tidak ribet.

Referensi artikel: https://technote.id/

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *