cara manajemen waktu

Cara Manajemen Waktu

Dalam kehidupan, jangan pernah mengatakan bahwa kamu tidak mempunyai waktu. Kenapa? Karena sebagaimana yang namanya manusia, mereka semua akan diberi waktu yang jumlahnya sama seperti manusia lainnya. Entah itu orang sibuk, pelajar ataupun mahasiswa. Masing-masing dari mereka pasti memiliki waktu.

Coba bercermin, renungkanlah berapa banyak waktu yang selama ini sudah terbuang sia-sia. Konteks waktu yang terbuang sia-sia itu adalah, kita menyibukkan diri sendiri namun tidak berdampak positif, bahkan bisa merugikan diri sendiri.

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya membuang waktu sia-sia, termasuk diri saya sendiri. Tak apa, karena berawal dari hal tersebut, kita bisa belajar agar lebih baik lagi dalam penggunaan waktu. Entah itu untuk belajar, bekerja, atau mengurus usaha yang sedang kita jalani saat ini.

Baiklah, di sini saya akan berbagi informasi seputar cara manajemen waktu yang baik dan benar.

Prioritaskan Hal yang Paling Penting

Apa yang dimaksud dengan prioritaskan hal yang paling penting dulu? Sebagai contohnya seperti ini, apakah kamu adalah seorang karyawan atau pengusaha? Jika iya, maka selesaikan lah pekerjaan atau tugas yang saat ini sedang dikerjakan.

Usahakan sebelum hal penting itu selesai, kamu jangan sampai menyentuh bagian lain. Fokus terhadap apa yang menjadi prioritas utamamu, jika iya itu soal kerjaan atau usaha, maka selesaikanlah itu terlebih dulu.

Belajar Mengatakan Tidak

Hal yang kerap membuat waktu kita terbuang sia-sia adalah, mengikuti ajakan orang yang tidak begitu penting. Jika difikir-fikir, hal tersebut sangat merugikan sekali. Bukan begitu?

Misal, kamu sedang fokus mengerjakan tugas sekolah dan ternyata ada salah satu teman kamu yang menghampiri ke rumah untuk mengajak main, dikarenakan kamu tidak enakan orangnya, akhirnya kamu mengiyahkan tawaran tersebut dan meninggalkan kewajiban kamu untuk mengerjakan tugas sekolah.

Hal tersebut sangat merugikan bukan?

Jadi mulailah belajar dari sekarang berkomitmen untuk menolak berbagai macam tawaran yang mana ajakan tersebut hanya akan menyia-nyiakan waktu yang kamu miliki.

Teratur Dalam Tidur

Jangan sesekali menyepelekan waktu tidur dengan mengerjakan berbagai kegiatan yang tidak berguna. Contoh seperti begadang untuk bermain game, atau membicarakan hal yang tidak penting bersama teman-teman.

Hal ini tentu saja dapat mengganggu waktu tidur kamu. Selain dari mengganggu waktu tidur, berbagai macam kegiatan yang akan dilakukan pada pagi hari pun akan terganggu.

Ternyata bukan itu saja, kamu pun akan mengalami kesulitan fokus untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu hal, misal seperti tugas kampus atau menyelesaikan pekerjaan.

Maka dari itu jangan menyepelekan waktu tidur jika kedua hal tersebut tidak ingin terjadi pada diri kamu. Usahakan tidur tepat pada waktunya, dari jam 09 sampai 04 atau 05 subuh.

Pintar Dalam Mengatur Waktu

Bagian ini sangat penting, terlebih bagi teman-teman yang sering melakukan kegiatan dengan internet. Misal seperti bermain game, menonton youtube atau aktif di media sosial.

Akan lebih baik, apabila kamu pintar dalam mengatur waktu, karena jika tidak bisa mengatur waktu dengan baik, kegiatan-kegiatan tersebut akan menghabiskan waktu kamu. Entah itu menghabiskan waktu pekerjaan, waktu istirahat dan lain sebagainya.

Jika seperti itu sayang bukan? Maka dari itu, jangan sampai waktu yang kamu miliki itu habis secara sia-sia karena kegiatan tersebut.

Mulailah dari sekarang belajar mengatur waktu dengan baik, agar waktu kamu bisa lebih produktif lagi.

Sudah siap melakukan semuanya? Baiklah, mungkin sekian mengenai cara manajemen waktu yang baik dan benar. Semoga penjelasan ini mudah dipahami ya.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaiannya.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *