apa itu spooring

Apa Itu Spooring dan Balancing?

Perlu kita ketahui, perawatan mobil itu bukan cuma bagian mesin dan bodinya saja. Namun masih ada komponen lainnya yang memang kesehatannya harus diperhatikan, termasuk dengan kondisi ban mobil.

Sebab pada dasarnya ban mobil itu adalah komponen vital yang fungsinya menanggung beban berat mobil dan melajukan.

Menyinggung soal perawatan, agar tetap layak digunakan, ban mobil juga harus dirawat dengan baik. Banyak perawatan yang bisa kamu lakukan, salah satu contoh umum yang sering dilakukan adalah, spooring dan balancing.

Ada yang tau apa itu spooring dan balancing? Mungkin sebagian dari teman-teman ada yang belum mengetahuinya. Baiklah, bagi yang belum tau bisa langsung simak penjelasan di bawah ini ya. Sumber artikel otomodiv

Pertama-tama, saya akan membahas…

Apa itu Spooring?

Apabila mobil sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan transportasi, tentunya akan ada perubahan pada posisi roda kendaraan, ya walaupun semua itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Tapi sebenarnya gini lho, bukan waktu yang tidak sebentar, tapi tergantung dari cara pemakaian si pemilik mobil sendiri.

Misal sering bepergian jarak jauh, seperti luar kota atau Provinsi. Jika iya seperti itu, maka tanpa kita sadari posisi dari kedudukan roda mobil pun akan berubah dengan sendirinya.

Kenapa bisa terjadi? Sebab roda tersebut sering mengalami berbagai macam benturan di medan perjalanan, misal seperti membentur lobang jalan dan melewati jalan jelek sehingga membuat roda dan jalanan tersebut berbenturan dengan keras.

Itulah permasalahan yang kerap membuat kedudukan roda sering bergeser.

Oh iya, apakah perubahan tersebut bisa dilihat oleh kasat mata kita? Ini menurut pengalaman saya ya, kedudukan roda mobil yang bergeser itu tidak akan terlihat walaupun hanya sepintas. Tapi, perubahan tersebut bisa dirasakan oleh pengemudinya.

Apa saja yang dapat dirasa oleh pengumudi? Salah satu contohnya adalah, laju mobil tidak akan stabil lurus, alias sering berbelok-belok sebelah kiri atau kanan.

Jika seperti itu, lantas bagaimana solusinya? Sebenarnya mudah, kita hanya perlu melakukan spooring pada roda mobil.

Spooring adalah metode penyetelan sudut geometri antar roda depan dan juga belakang, baik itu dari caster, chamber atau toe dan komponen lainnya.

Jika diterjemahkan, spooring adalah perawatan bagian ban yang harus selalu dilakukan supaya laju kendaraan mobil tetap stabil (lurus).

Saya rasa ulasan di atas ini sudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman semua. Dengan demikian, mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya.

Apa itu Balancing?

Balancing ini agak sedikit beda dengan spooring walaupun tujuannya sama ya. Jadi, balancing adalah proses pembenahan yang tujuannya dapat mengembalikan keseimbangan keempat roda/ban mobil.

Umumnya, bagian ini kerap dilakukan ketika pemilik mobil mengganti ban atau velg mobilnya dengan yang baru.

Walaupun balancing dan spooring ini adalah perawatan yang sangat wajib dilakukan oleh setiap pemilik mobil, tapi perawatannya tidak sepertiĀ tune upĀ mobil.

Gampangannya, spooring dan balancing ini tidak harus dilakukan secara rutin, terkecuali performa pada jalu mobil itu ada yang tidak beres, baru kamu harus memeriksa bagian ini demi kenyamanan berkendara.

Jadi, apa itu balancing? Mungkin tulisan singkat di atas sudah menjawab semua pertanyaan teman-teman.

Oh iya, setelah membahas spooring dan balancing, alangkah baiknya sekalian saja kita bahas mengenai manfaat dari keduanya.

Setuju? Hal ini dilakukan supaya teman-teman lebih sering lagi memperhatikan kesehatan roda mobil beserta komponen lainnya.

Manfaat Spooring dan Balancing

Adapun manfaat yang akan didapat seperti ini:

  • Bisa meningkatkan tingkat kenyamanan dalam berkendara.
  • Dapat menghemat penggunaan bahan bakar.
  • Bisa memaksimalkan usia pakai ban mobil.
  • Ban mobil jauh lebih awet dan tidak mudah gundul.
  • Dapat menyelaraskan kelurusan roda pengemudi.
  • Yang terakhir, meningkatkan kestabilan kendaraan/mobil.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *