Cara Memasang Wallpaper Dinding

Dinding rumah memang terlihat monoton apabila hanya dihias dengan warna cat yang itu-itu saja. Mengaplikasikan wallpaper dinding sepertinya patut Anda coba.

Berbagai motif, warna, bentuk, dan bahan yang tersedia dapat Anda pilih sebagai salah satu cara menghidupkan suasana rumah Anda.

Pastikan sesuai dengan selera dan kepribadian pemilik rumah ya. Anda tak perlu merogoh kocek untuk membayar tukang memasangkan wallpaper dinding. Memasang wallpaper dinding mudah kok caranya.

Simak baik-baik ya.

pinterest.com/pin/775182154581663371

Pastikan Anda siapkan alat dan bahan terlebih dahulu ya.

Alat dan bahan:

  1. Tangga
  2. Alas Plastik
  3. Cutter
  4. Pensil
  5. Meteran
  6. Kuas Lem
  7. Mica/Acrylic
  8. Roller
  9. Spons
  10. Meja
  11. Wallpaper Dinding Yang akan Dipasang

Untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:

Cara Memasang Wallpaper Sendiri

#1 Menentukan Wallpaper

Proses menentukan wallpaper dari segi warna, bentuk, motif, aksen, bahan, dan ukuran. Sesuaikan dengan dinding yang akan diaplikasikan.

Salah satu blog yang bisa Anda jadikan referensi adalah dekadeko, di kategori interior ada ragam inspirasi soal kamar tidur yang cukup menarik.

Seperti halnya aplikasi wallpaper pada kamar mandi dengan kamar tidur tentunya akan berbeda dari segi bahan.

Tentukan wallpaper sesuai furniture dan selera yang Anda miliki, agar interior rumah harmoni dengan wallpaper yang akan diaplikasikan.

#2 Persiapkan Dinding

Dinding yang akan Anda aplikasikan harus dalam keadaan siap.

Dinding yang siap ditempeli dengan wallpaper adalah permukaan dinding yang rata, tidak bergelombang dan berlubang, bersih dari berbagai kotoran, kering atau tidak lembab, tidak berjamur dan tidak berminyak.

Antisipasi hal-hal tersebut agar dinding dalam keadaan siap. Dinding yang siap akan mudah ditempeli dengan wallpaper dan hasilnya akan maksimal.

#3 Mengukur Dinding dan Wallpaper

Setelah mempersiapkan dinding, selanjutnya memasuki pengukuran. Mengukur dinding yang akan digunakan dengan meteran dan pensil sebagai penanda.

Ukur panjang, lebar dan tinggi pada bidang dinding.

Misalnya, jika Anda memiliki ruangan luasnya 10m x 5m dengan tinggi 3m dari lantai ke plaforn. Sementara ukuran wallpaper 1 roll yang digunakan yakni 10m x 0.5m.

Ukuran luas dinding:

((Panjang Dinding + Lebar Dinding) x 2) x Tinggi Ruang = ((10+5) x 2) x 3 = 90m².

Wallpaper yang diperlukan:

Luas Bidang Dinding : Luas Bidang 1 roll = 90m² : 5m² = 18 roll.

Total jumlah wallpaper yang diperlukan sebanyak 18 roll. Setelahnya, tandai bagian yang sudah diukur, pada dinding dan wallpapernya.

#4 Memotong Wallpaper

pinterest.com/pin/209698926386882544

Potong wallpaper harus hati-hati. Ukur terlebih dahulu bagian wallpaper yang akan dipotong.

Perhatikan permukaan wallpaper, apabila ada motif yang cacat, permukaan yang tidak rata, atau warna yang pudar. Buang permukaan wallpaper yang tidak sesuai dengan pola pada wallpaper tersebut.

Potonglah dengan menggunakan cutter, potong pada permukaan yang rata seperti meja, agar hasil potongan rapi.

Sesuaikan corak, motif, warna atau pola yang terdapat pada wallpaper tersebut, agar rol selanjutnya dapat menyesuaikan dengan potongan sebelumnya.

#5 Memberi Lem pada Wallpaper

Setelah potongan wallpaper selesai dipotong dan disusun, mulai menempel wallpaper dengan lem khusus wallpaper.

Bentangkan wallpaper pada meja, kemudian sapukan lem dengan menggunakan kuas ke seluruh permukaan sisi belakang dinding wallpaper.

Pastikan tidak terlalu banyak lem yang disapukan agar tidak terjadi gelembung. Gunakan alas plastik agar lem yang melebihi dinding wallpaper tidak mengotori rumah Anda.

#6 Menempelkan Wallpaper pada Dinding

Mulailah tempelkan wallpaper pada dinding yang sudah disiapkan.

Tempel dengan menekan secara perlahan. Ratakan hasil lem yang terdapat pada wallpaper dengan menggunakan mika agar rata.

Untuk menjangkau dinding yang berada diatas, gunakan tangga agar dapat menempelkannya.

#7 Sesuaikan Roll Wallpaper

Karena lembaran pertama sudah tertempel pada dinding, carilah lembaran potongan yang disesuaikan dengan lembaran potongan sebelumnya, agar motifnya masih selaras dan bentuk potongannya tidak terlihat.

Sapukan kembali lem pada lembar selanjutnya, tempel pada dinding dan pastikan agar sambungan polanya tidak salah.

Hati-hati ya, agar tidak salah tempel!

#8 Pengecekan dan Finishing

Kini wallpaper sudah tertempel pada seluruh permukaan dinding, langkah terakhir yakni membersihkan permukaan wallpaper dari sisa-sisa lem. Akan ada lem yang menempel di permukaan wallpaper Anda.

Lap permukaan wallpaper dengan menggunakan spons, dari arah bawah ke atas. Cek kembali apakah ada wallpaper yang melebihi ukuran dinding.

Potong sisa yang berlebih dengan cutter. Selanjutnya mengecek dinding agar tak ada gelembung udara, gunakan roller untuk menghilangkannya. Mengecek dan memastikan supaya wallpaper sudah tertempel sepenuhnya.

Mudah bukan untuk mamasang wallpaper sendiri?

Memang diperlukan kehati-hatian dan ketelitian tinggi dalam melakukakannya. Anda dapat menghemat budget untuk tidak mengeluarkan kocek membayar tukang tentunya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan juga mudah dijangkau. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *