Struktur Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksposisi

Pernahkah kamu membaca sebuah teks atau berita mengenai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami atau gunung meletus? Jika pernah berarti kamu telah membaca sebuah teks yang dinamakan teks eksplanasi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai teks eksplanasi, simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang menjelaskan tentang suatu proses terjadinya suatu fenomena alam atau sosial.

Tujuan dari teks eksplanasi yaitu untuk menjelaskan suatu peristiwa yang terjadi dan menjelaskan sebab-akibat dari peristiwa tersebut.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Berikut adalah ciri-ciri teks eksplanasi :

  • Informasi yang dimuat berdasarkan fakta.
  • Informasi tersebut berkaitan dengan ilmu pengetahuan.
  • Terdapat 3 struktur, yaitu pernyataan umum, sebab-akibat, dan interpretasi.
  • Menggunakan kata penanda urutan.

Jenis Teks Eksplanasi

Ada 4 jenis teks eksplanasi yaitu :

1. Eksplanasi Sequential, adalah teks eksplanasi yang menjelaskan rincian tahapan suatu peristiwa. Contohnya : Urutan siklus kehidupan rantai makanan.

2. Eksplanasi Kausal, adalah teks eksplanasi yang menjelaskan tentang penyebab terjadinya perubahan pada suatu hal secara bertahap. Contohnya : Proses terjadinya tanah longsor.

3. Eksplanasi Teoritis, adalah teks eksplanasi yang berisi spekulasi kemungkinan yang akan terjadi dibalik suatu peristiwa alam. Contohnya : Letusan gunung merapi yang mungkin akan memicu bencana alam lain yang lebih dahsyat.

4. Eksplanasi Faktorial, adalah teks eksplanasi yang menjelaskan mengenai efek serta hasil dari suatu proses. Contohnya : Efek terjadinya kolonialisasi.

Struktur Teks Eksplanasi

Berikut adalah 3 struktur teks eksplanasi yang kami kutip dari bahassemua.com.

1. Pernyataan Umum

Struktur teks eksplanasi yang pertama yaitu pernyataan umum. Struktur ini berisi penjelasan suatu peristiwa yang akan dibahas. Biasanya berupa pengenalan peristiwa tersebut.

2. Sebab-akibat

Struktur teks eksplanasi yang kedua yaitu sebab-akibat. Struktur ini berisi penjelasan tahapan-tahapan dalam sebuah peristiwa. Struktur ini disusun secara bertahap, yaitu dari awal sampai akhir peristiwa.

3. Interpretasi

Struktur teks eksplanasi yang terakhir yaitu interpretasi. Struktur ini berisi tentang kesimpulan dari teks eksplanasi. Interpretasinya juga bisa berupa tanggapan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi

Pernyataan Umum

Banjir adalah sebuah peristiwa yang terjadi ketika air merendam daratan. Banjir biasanya datang secara mendadak dan mengalir deras hingga menghanyutkan benda-benda yang dilaluinya. Banjir bisa mengakibatkan berbagai masalah seperti masalah ekonomi, sosial, dan sarana prasarana yang ada.

Sebab Akibat

Banjir bisa terjadi karena beberapa sebab. Penyebab yang pertama karena curah hujan yang tinggi ditambah dengan adanya sampah di sungai yang dibuang sembarangan oleh manusia. 

Penyebab yang kedua yaitu karena hutan gundul. Hutan gundul dapat menjadi penyebab banjir karena akar pohon yang seharusnya berfungsi sebagai penyerap air tidak ada. Sehingga air tidak terserap dan mengalir deras ke daratan.

Interpretasi (kesimpulan)

Dampak dari terjadinya banjir ada 3 yaitu :

  1. Dampak primer : kerusakan fisik seperti jembatan, bangunan, mobil, dan jalan raya.
  2. Dampak sekunder : penyakit, transportasi, persediaan air, pepohonan, dan kesediaan pangan.
  3. Dampak tersier (jangka panjang) : ekonomi menjadi sulit karena kelangkaan makanan, jumlah wisatawan menurun, dan biaya pembangunan kembali.

Kita harus lebih disiplin lagi dalam membuang sampah. Karena jika kita membuang sampah sembarangan (khususnya di sungai) nantinya kita juga yang akan merasakan efeknya.

Itulah contoh teks eksplanasi beserta strukturnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *