Cara Memilih SD Card

Cara Memilih SD Card yang Tepat dan Berkualitas

Dewasa ini, beberapa device seperti smartphone, kamera dan lainnya menggunakan memory card sebagai storage penyimpanan. SD card sendiri merupakan tempat penyimpanan yang paling umum dan banyak digunakan.

Meski beberapa smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan memori internal, namun kapasitas tersebut hanya mencapai 32 GB saja. Kapasitas ini biasanya sudah cukup untuk menyimpan musik, foto, video dan aplikasi. Namun, jika Anda ingin kapasitas yang lebih maka Anda harus memiliki memori eksternal seperti SD Card.

Cara Mudah Memilih SD Card yang Berkualitas

Tak hanya smartphone, beberapa perangkat digital lainnya seperti laptop dan tablet juga kebanyakan membutuhkan memori eksternal untuk bisa menyimpan lebih banyak data. Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang salah dalam cara memilih SD Card.

Tidak sedikit yang hanya memperhatikan besaran kapasitas dari memori card tersebut tanpa memperhatikan kecepatan dan faktor lainnya yang menunjang kualitas SD Card. Alhasil, banyak orang yang membeli SD Card dengan kualitas yang biasa saja.

Lalu, bagaimana cara memilih SD Card yang baik? Sebenarnya sangat mudah. Ada 3 hal yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli memori card untuk perangkat digital milik Anda. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Perhatikan Ukurannya

Ukuran dari SD Card sendiri ternyata berbeda-beda. Bagi Anda pengguna smartphone atau tablet, rata-rata gadget tersebut menggunakan memori eksternal yang memiliki ukuran 11x15x1 mm dengan berat 0,25 gram. Karena ukurannya yang sangat kecil, memori card satu ini disebut dengan Micro SD.

Sementara itu, memori card yang memiliki ukuran lebih besar yakni 20×21,5×1,4 mm dengan berat 0,8 gram disebut dengan MiniSD Card. Setiap ukuran yang dimiliki oleh SD Card tentu saja memiliki ukuran slotnya masing-masing pada setiap gadget.

Jadi, sebelum Anda membeli SD Card, pastikan terlebih dahulu perangkat tersebut menggunakan SD Card berukuran apa.

Perhatikan Kapasitas SD Card

Cara memilih SD Card berikutnya ialah dengan memperhatikan kapasitas yang dimiliki oleh memori card itu sendiri. Ada berbagai macam varian SD Card yang tergantung dari jenisnya. Untuk jenis SDSC yang standar, kapasitas yang dimilikinya mulai dari 1GB hingga 4 GB.

Sementara itu, untuk jenis SDHS, kapasitas penyimpanan yang dimilikinya mulai dari 2GB hingga 32 GB. Nah, karena adanya perkembangan teknologi yang semakin modern, saat ini muncul sebuah memori card dengan teknologi terbaru yang dinamakan dengan SDXC. SDXC ini memiliki kapasitas sebesar 32 GB hingga 2TB.

Tentu, dengan kapasitas yang dimiliki oleh SDXC tersebut, Anda bisa menyimpan berbagai macam foto, video, musik, aplikasi, game dan lainnya tanpa takut kehabisan ruang penyimpanan.

Perhatikan Kecepatan Membaca dan Menulis Data

Nah, hal ini sering kali dilupakan oleh beberapa orang saat akan membeli sebuah SD Card. Padahal, sebuah memori card dengan speed yang baik tentu akan merespon setiap perintah dengan cepat. Namun sayangnya, beberapa SD Card hanya memiliki kecepatan membaca dan menulis data yang standar.

Seperti yang kami kutip dari teknolova.com klasifikasi kecepatan dari SD Card sendiri dibagi menjadi empat, yaitu 2, 4, 8 dan terakhir 10. Dari tingkat kecepatan yang dimilikinya, SD Card kelas 2 merupakan SD Card paling lambat. Begitu sebaliknya, SD Card kelas 10 merupakan memori card dengan kecepatan yang paling cepat.

Setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda tak perlu bingung memilih SD Card yang tepat dan berkualitas. Perhatikan dengan baik setiap ukuran, kapasitas dan kecepatan yang dimiliki oleh memori card tersebut. Nah, semoga tips cara memilih SD Card ini bisa membantu Anda mendapatkan SD Card yang berkualitas. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *