Cara Instal DirectX

Cara Instal DirectX

Untuk menginstal game di Windows, mungkin kita sudah bisa semua ya. Pasalnya, kita tinggal klik installer yang disediakan lalu ikuti langkah sampai selesai. Namun, pernahkah Anda mengalami masalah ketika hendak membuka aplikasi tersebut, seperti contohnya D3DX9_43.DLL Is Missing?

Sebenarnya, masalah di atas tidak selalu terjadi pada semua aplikasi, melainkan pada beberapa aplikasi yang membutuhkan dukungan DirectX saja. Nah, apakah Anda sudah tahu apa itu directX dan apa fungsi dari program tersebut?

Baiklah, pada artikel kali ini, saya akan mengulas sedikit tentang fungsi DirectX serta cara menginstallnya. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami masalah D3DX9_43.DLL Is Missing lagi ketika menjalankan sebuah aplikasi.

Apa Itu DirectX?

Jadi, DirectX merupakan sebuah program yang berfungsi untuk menangani tugas pada program berbasis multimedia seperti game. Program ini memiliki berbagai macam komponen, berikut diantaranya:

  • DirextX3D yaitu komponen untuk gambar 3D
  • DirectXDraw atau DirectX2D yaitu komponen untuk gambar 2D
  • DirectX Input yaitu komponen untuk mendeteksi perangkat input seperti mouse, keyboard, joystick, dan lain sebagainya
  • Xinput yaitu komponen untuk stick XBOX 360
  • dll

Dengan melihat sedikit penjelasan ini, kita bisa menyimpulkan kalau keberadaan DirectX ini sangatlah penting, terlebih ketika ingin menjalankan aplikasi berbasis gambar yang tentu membutuhkan komponen-komponen di atas.

Cara Instal DirectX

Untuk menginstal DirectX, sebenarnya caranya tidak sulit. Kita hanya perlu mendownload file yang sudah disediakan di situs Microsoft lalu lakukan instalasi seperti biasanya.

Oh ya, Microsoft menyediakan 2 tipe untuk file DirectX, yaitu online installer dan offline installer. “Apa sih perbedaannya?”

Jadi, ketika memilih online installer, maka kita memerlukan koneksi internet saat proses instalasi. Pasalnya DirectX akan mendownload komponen-komponen penting yang dibutuhkan.

Sedangkan untuk offline installer, kita tidak memerlukan koneksi internet saat instalasi. Pasalnya, pada program ini, semua komponen yang dibutuhkan sudah ada, jadi tinggal install saja.

Perbedaan lainnya adalah ukuran file. Yang jelas, ukuran DirectX offline installer akan lebih besar daripada online installer karena sudah terdapat komponen lengkap di dalamnya.

Untuk menginstal DirectX, berikut caranya:

  1. Pertama, download file instalasi di situs resmi Microsoft.
  2. Setelah didownload, silahkan double klik pada file tersebut, biasanya filenya bernama directx_Jun2010_redist.
  3. Jika muncul jendela, silahkan klik Yes saja. Pada langkah selanjutnya, silahkan pilih direktori yang akan digunakan untuk melakukan ekstrak lalu klik Ok.cara install directx
  4. Kalau proses sudah selesai, silahkan buka direktori tempat Anda mengekstrak file tersebut. Nantinya Anda akan melihat banyak sekali file didalamnya, silahkan double klik pada file DXSETUP untuk memulai proses instalasi.
  5. Jika muncul jendela seperti gambar di bawah ini, pilih I accept the agreement lalu klik Next.cara menginstal directx
  6. Untuk proses selanjutnya, Anda hanya tinggal klik Next saja sampai proses instalasi selesai (sampai ada tombol Finish).

Setelah proses instalasi selesai, mungkin DirectX belum berpengaruh ya dan kemungkinan besar game yang sebelumnya error masih tetap error. Untuk itu, Anda perlu melakukan restart pada Windows yang digunakan. Setelah restart selesai, maka game Anda akan berjalan dengan lancar.

Nah, itulah cara paling mudah menginstal DirectX di Windows. Dengan mengikuti langkah di atas, maka Anda sudah berhasil mengatasi masalah D3DX9_43.DLL Is Missing di komputer ataupun laptop Windows Anda.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan manfaat dan membantu Anda semua dalam melakukan instalasi DirectX di Windows.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *