Cara Mount File ISO

Cara Mount File ISO

Saat ini, ISO menjadi format file yang cukup populer di kalangan pengguna laptop maupun komputer. Bukan tanpa alasan, format file ini dianggap sebagai file yang sangat sulit terkena virus dibandingkan dengan format file lain seperti Zip ataupun Rar.

Untuk fungsinya sendiri, ISO sering digunakan untuk menyimpan sebuah arsip file sistem operasi yang kemudian (biasanya) akan digunakan untuk membuat bootable. Bukan hanya itu, file installer ataupun aplikasi juga cukup banyak yang dikompres dengan format file ini.

Tak jarang, pengguna diharuskan untuk melakukan ekstrak terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Namun, file ISO sendiri sebenarnya sudah menyediakan fasilitas yang cukup bermanfaat, yaitu Mount. Dengan ini, kita bisa menggunakan isi file ISO tanpa harus ekstrak.

Cara Mount File ISO Tanpa Aplikasi

Untuk mount file ISO tanpa aplikasi, hanya bisa digunakan pengguna Windows 8 dan Windows 10 saja. Sedangkan untuk pengguna Windows 7, tidak bisa. Jadi, bagi pengguna Windows 7 bisa langsung menuju ke langkah selanjutnya saja.

Jadi, Windows 8 dan Windows 10 memang sudah dibekali dengan tools bawaan untuk mount file ISO. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Sebagai contoh, saya akan memberikan langkah yang dikutip dari charis.id berikut ini:

  1. Pertama, silahkan pilih file ISO yang akan dimount.
  2. Jika sudah ketemu, silahkan klik kanan pada file tersebut lalu pilih Mount.cara mount file iso tanpa aplikasi
  3. Jika sudah, maka secara otomatis file tersebut akan terbuka.
  4. Jika file ISO sudah tidak diperlukan, Anda bisa melakukan eject dengan cara klik kanan lalu pilih Eject.
  5. Selesai.

Nah, bagi pengguna Windows 8 dan Windows 10 memang akan mendapatkan keuntungan tersendiri karena tidak perlu install aplikasi pihak ketiga.

Namun, terkadang fitur mount tersebut tidak muncul pada beberapa Windows. Sebenarnya ini bukanlah masalah yang cukup serius, karena untuk mengatasinya juga sangat mudah.

Bagi Anda yang menggunakan Windows 8 dan Windows 10 namun fitur mount tidak muncul, silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Pertama, silahkan klik kanan pada file ISO.
  2. Setelah muncul jendela menu, klik Open with lalu pilih Choose another app.
  3. Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa aplikasi yang disarankan, silahkan pilih Windows Explorer lalu klik Ok.
  4. Selesai.

Sekarang, Anda sudah bisa menggunakan fitur mount pada Windows.

Cara Mount File ISO di Windows 7

Karena Windows 7 tidak memiliki fitur untuk mount file ISO, maka kita memerlukan aplikasi tambahan. Sebenarnya, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan, seperti contohnya di bawah ini:

  • Daemon Tools
  • Ultra ISO
  • WinCDEMU
  • Power ISO
  • Virtual CD-ROM Control Panel
  • Virtual CloneDrive

Namun, pada artikel kali ini saya akan menggunakan aplikasi Vitual CloneDrive saja karena penggunaannya sangat mudah. Jadi, yang pertama harus Anda lakukan adalah download dan install Virtual CloneDrive.

Oh ya, selain untuk Windows 7, cara ini juga tetap bisa digunakan untuk Windows 8 dan Windows 10 ya. Jadi, bagi Anda pengguna Windows 8 dan Windows 10 yang ingin mencoba cara lain untuk membuka file ISO, maka bisa menggunakan cara ini.

Berikut adalah cara mount file ISO di Windows 7:

  1. Saya anggap Anda semua sudah download dan install aplikasi Virtual CloneDrive ya.
  2. Setelah itu, silahkan cari file ISO yang akan di mount.
  3. Jika sudah ketemu, lakukan hal yang sama dengan cara sebelumnya yaitu klik kanan. Setelah Anda klik kanan, mungkin tampilannya akan berbeda dengan cara sebelumnya, silahkan pilih Mount (Virtual CloneDrive F:).cara membuka file iso
  4. Selanjutnya, maka Anda akan melihat isi file tersebut pada direktori baru. Silahkan lakukan apa saja yang ingin Anda lakukan pada file tersebut.
  5. Jika sudah selesai, silahkan eject file tersebut dengan klik kanan lalu pilih Eject.
  6. Selesai.

Nah, begitulah cara mount file ISO tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *