Membuat Rumah Asri dengan Tanaman Hias Jenis Rumput

Kenyamanan rumah tentunya sangat berpengaruh pada kehidupan sang pemilik. Sehingga rumah seringkali dipercantik dengan dekorasi, baik di dalam rumah maupun di taman yang biasanya ditanami tanaman hias. Selain tanaman hias jenis bunga, penanaman tanaman hias jenis rumput juga sangat disukai karena akan membuat rumah menjadi lebih segar dan asri.

Rumput merupakan tanaman hias yang mudah untuk dirawat, setidaknya anda hanya harus menyiramnya dua hari sekali. Tidak hanya penyiraman yang mudah, namun juga pemberian pupuk. Pemberian pupuk pada rumput pun cukup diberikan setiap tiga bulan sekali. Hal ini juga mencegah rumput untuk tumbuh sangat lebat sehingga pertumbuhannya rapi, diselingi juga dengan pemangkasan rumput. Berikut ulasan singkat mengenai 4 jenis tanaman hias jenis rumput yang ditulis oleh Gladie Anggriawan kontributor dari TaniMuda.

4 Tanaman Hias Jenis Rumput

Rumput hias banyak sekali ragamnya dengan kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Hal tersebut membuat kualitas hingga harga rumput pun berbeda, sehingga biasanya orang kesulitan memilih. Berikut ini adalah beberapa jenis rumput hias yang akan membuat rumah anda menjadi lebih segar dan asri:

1. Rumput Golf

Rumput jenis ini tentunya tidak asing di telinga kita. Rumput golf memiliki daun yang pendek – pendek sehingga biasanya terlihat rapi terhampar di lapangan golf yang sangat luas. Rumput tersebut bukan tumbuh dengan sendirinya, melainkan ditanam sehingga pergerakan bola golf di rumput menjadi mulus dan permainannya sesuai strategi.

Rumput golf ini selain ditanam di lapangan golf, juga dapat ditanam di halaman rumah Anda. Namun rumput ini biasanya hanya ditemukan di rumah – rumah tertentu saja. Karena selain harga bibitnya yang mahal, perawatan pada rumput golf juga harus ekstra. Contohnya adalah rumput ini dipotong setiap dua minggu sekali dan harus terpampang sinar matahari terus – menerus.

2. Rumput Swiss

Rumput ini juga merupakan jenis rumput yang memiliki harga bibit yang mahal, terang saja karena rumput swiss merupakan rumput yang paling halus di antara rumput hias lainnya. Perawatan rumput swiss juga terbilang tidak mudah. Rumput ini harus terkena sinar matahari setidaknya 80% dan tidak boleh ditanam di tempat yang terlalu lembab karena akan membuat rumput ini membusuk.

3. Rumput Gajah Mini

Berbeda dengan rumput golf dan swiss, rumput gajah mini rupanya merupakan jenis rumput hias yang paling sering ditanam di taman rumah. Hal tersebut disebabkan perawatannya yang mudah, dan bentuknya yang indah, bulat, berukuran kecil, dan bertekstur halus. Perawatan rumput gajah mini juga dapat terbilang mudah karena hanya memerlukan sedikit pupuk dan penyiramannya dapat dilakukan dua hari sekali.

Selain perawatan yang mudah dan bentuknya yang indah, ternyata rumput gajah mini memiliki kelebihan yang sangat berguna. Rumput ini tahan terhadap pijakan sehingga pas untuk ditanam di daerah taman rumah. Tidak seperti rumput golf yang tidak tahan terhadap pijakan tanah atau barang berat.

4. Rumput Jepang

Rumput jepang biasanya ditanam di taman rumah modern. Rumput hias jenis ini memiliki bentuk yang rapi dengan helaian daun tipis dan kurus, serta tumbuh dengan rapat. Perawatan rumput jepang ini dapat terbilang cukup mudah sehingga banyak orang yang memilih jenis rumput hias ini untuk ditanam di tamannya.

Rumput jepang hanya perlu diberikan pupuk dua kali dalam sebulan, penyiraman dua kali dalam sehari, pemangkasan satu kali dalam sebulan, dan dibutuhkan pencahayaan yang maksimal. Bila rumput jepang sudah panjang, maka rumput harus cepat dipotong untuk mengurangi kemungkinan menguningnya rumput bagian bawah karena kurang sinar matahari.