Peluang Bisnis Online Melalui Marketplace

Menjalankan bisnis secara online di era digital sekarang ini lebih banyak dipilih dibanding bisnis offline. Alasan utamanya adalah karena bisnis secara online dapat dimulai dengan modal yang terbatas. Faktor lain yang menyebabkan bisnis internet ini menjamur ialah banyaknya pengguna internet terutama media sosial di Indonesia. Tidak akan sulit dalam mencari pelanggan potensial ataupun memasarkan dan mempromosikan produk kita nantinya. Bisnis dapat dijalankan melalui jejaring sosial, website, blog hingga marketplace. Salah satu sarana dalam bisnis internet yang akan dibahas di sini adalah bisnis melalui marketplace. Ada beragam kelebihan serta kekurangan dari marketplace yang harus kita perhatikan sebelum mulai berjualan di dalamnya.

Marketplace, Solusi Mudah dan Murah Dalam Membangun Bisnis Online

Kelebihan dari marketplace terutama adalah tempatnya yang sudah ramai, sehingga tidak akan sulit bagi kita dalam menemukan pembeli. Selain itu, bergabung dalam marketplace juga terbilang mudah serta murah. Pendaftarannya gratis dan tidak terdapat potongan biaya apapun yang harus dikeluarkan. Kita bahkan bisa mengakses marketplace melalui aplikasi mobile. Marketplace juga sering menyediakan diskon serta promo khusus, seperti program gratis ongkos kirim, potongan harga, cashback, dan lain-lain. Kelebihan lain yang dimiliki marketplace ialah transaksinya dijamin aman karena menggunakan rekening bersama. Namun di samping berbagai kelebihan tersebut, berjualan melalui marketplace juga memiliki sejumlah kekurangan.

Di antaranya yang utama adalah kita sebagai penjual harus tunduk pada peraturan yang dibuat oleh marketplace tersebut. Termasuk di antaranya adalah cara berjualan, cara berpromosi dan lain sebagainya. Ini akan membuat proses branding menjadi lebih sulit. Bisnis online lewat marketplace lebih cocok bagi penjual yang masih pemula dalam berbisnis. Lalu, bagaimana cara menjual barang melalui marketplace? Sangat mudah! Pertama, kita harus mendownload terlebih dahulu aplikasi marketplace yang dipilih sebagai tempat berjualan. Setelahnya, daftarkan diri dengan cara membuat akun. Kita juga bisa melakukan personalisasi akun dengan cara mengganti foto profil, menambahkan profil toko dan lain sebagainya.

Berikutnya, klik Tambah Produk atau Jual Produk dan unggah foto produk yang akan dijual. Tambahkan keterangan seperti harga, spesifikasi, stok, dan keterangan lain yang akan membantu pembeli dalam mengenali produk tersebut. Kita juga bisa mempromosikan produk agar mendapat lebih banyak views dan like serta menjaring pembeli potensial. Tiap marketplace memiliki cara berbeda-beda dalam menambahkan produk serta mempromosikannya, namun rata-rata caranya sangat mudah dan sederhana. Marketplace juga telah dilengkapi fitur chat sehingga jika ada pembeli yang hendak menanyakan seputar produk akan menghubungi kita. Pastikan untuk menghidupkan notifikasi marketplace agar kita tahu apabila ada pembeli yang bertanya-tanya seputar produk atau melakukan pemesanan. Demikian adalah uraian seputar bisnis melalui marketplace, kelebihan dan kekurangannya serta cara berjualan melalui marketplace. Semoga uraian di atas membantu.