Manfaat Kunyit Putih

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan adalah, sebagai tanaman herbal untuk alternatif pengobatan tradisional. Kunyit putih dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Beberapa diantaranya dapat mengatasi wasir atau ambeien. Kunyit putih merupakan tanaman jenis umbi, yang berbuah tahunan, dengan rimpang bulat, berwarna putih, dan bentuknya menyerupai kencur.

Kunyit putih biasa disebut juga temu putih. Tanaman ini cukup banyak dibudidayakan di Indonesia. Kunyit putih tidak seperti kunyit kuning yang biasa dijadikan sebagai bumbu untuk memasak. Namun kegunaannya cukup beragam. Selain untuk kesehatan, kunyit putih bisa juga digunakan sebagai bahan alami untuk kecantikan.

  • Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Kunyit Putih
  1. Ribozom Inacting Protein (RIP): dapat mencegah kerontokan, menonaktifkan sel kanker.
  2. Zat curcumin: mengatasi inflamasi atau peradangan.
  3. Zat anti lipid peroksida: membantu pengobatan hipertensi, asam urat, diabetes, dan jantung koroner.
  4. Flavonoid saponin: meningkatkan daya tahan tubuh.
  5. Antioksidan: melindungi penyusun gen.
  6. Minyak atsiri: membangkitkan mood.
  7. Tannin: memperlancar pencernaan.

 

Berikut Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan yang kami kutip dari Ensiklonesia.com

  1. Mengobati kanker

Kandungan antioksidannya dapat mencegah kerusakan DNA yang menjadi biang kanker.

  1. Mengobati diabetes

Manfaat kunyit putih yang berikutnya yaitu dapat mengobati diabetes. Manfaatnya antara lain dapat menurunkan gula darah, kolesterol serta lemak.

  1. Mengobati maag

Kunyit putih bisa digunakan untuk mengobati penyakit maag agar tidak berkelanjutan. Caranya dengan merebus kunyit putih dan keladi putih setelah sebelumnya dicuci bersih dan dipotong-potong, tunggu hingga airnya tinggal setengah, saring, dinginkan, kemudian diminum. Bisa juga dicampur madu sebagai pemanis.

  1. Mengobati diare

Kandungan tannin dan juga flavonoid pada kunyit putih dapat menghambat produksi asam risinoleat yaitu asam yang dapat menyebabkan iritasi dan juga peradangan pada membran. mukosa usus yang dapat menyebabkan diare.

  1. Mengatasi infeksi

Kunyit putih digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi infeksi, baik dikarenakan bakteri, maupun jamur.

  1. Meredakan gejala arthritis

Ekstrak kunyit putih dapat menurunkan keparahan gejala arthritis, contohnya seperti pembengkakan yang membatasi gerak sendi pada penderita arthritis. Untuk hasil yang efektif, sebaiknya anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter.

  1. Menyembuhkan luka bakar dan eksim

Eksim dan luka bakar dapat disembuhkan dengan ramuan kunyit putih. Caranya dengan mencampurkan ramuan dengan madu, kemudian dioleskan ke bagian tubuh yang sakit atau terkena luka bakar.

  1. Mengobati keputihan

Untuk wanita yang sedang mengalami keputihan, anda bisa menggunakan kunyit putih untuk mengatasi masalah kewanitaan anda. Caranya dengan merebus kunyit putih yang telah diiris tipis-tipis. Setelah direbus tunggu sampai hangat, kemudian gunakan ramuan tersebut untuk membersihkan organ kewanitaan anda.

  1. Mengobati masuk angin

Kunyit putih juga bisa digunakan untuk mengatasi masuk angin. Cukup dengan mengkonsumsi air rebusan kunyit putih yang sudah dicampur dengan madu, maka angin berlebih yang ada di tubuh akan keluar dengan sendirinya.

  1. Mengobati kista

Untuk mengatasi kista, minumlah secara teratur ramuan tradisional dari kunyit putih secara teratur. Paling tidak tiga kali dalam sehari.

  1. Mengatasi asam lambung

Manfaat kunyit putih untuk asam lambung yaitu dapat mengurangi kadar asam pada lambung, mengatasi kembali pencernaan yang terganggu akibat penyakit tersebut, serta membunuh virus dan bakteri yang menempel di dinding lambung.

  1. Mengatasi ambeien

Manfaat kunyit putih untuk ambeien antara lain, dapat menghilangkan peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada rectum, dan meringankan rasa nyeri. Caranya dengan mengoleskan ramuan kunyit putih sebagai obat luar.

  1. Mengatasi asam urat

Manfaat kunyit putih untuk asam urat ialah, merontokkan zat purin yang sudah mengkristal di dalam tubuh, mengatasi peradangan, meringankan rasa nyeri dan sakit yang disebabkan karena asam urat yang berlebih, serta mencegah terjadinya penyakit lain seperti ginjal.

  1. Mengatasi asma

Manfaat kunyit putih untuk asma yaitu dapat membersihkan lendir di paru-paru, mengatasi iritasi serta pembengkakan karena penyumbatan saluran udara, antiseptic dan antibakterinya dapat membunuh infeksi yang akan membantu untuk membersihkan dahak, mengurangi kejang asma, dan frekuensi serangan asma yang mendadak.

  1. Mengatasi amandel

Manfaat kunyit putih untuk amandel didapatkan dari sifat anti-bakterinya yang bis membunuh bakteri penyebab infeksi pada amandel, menghindari peradangan dan juga pembengkakan, menyembuhkan amandel, dan mengempiskan radang yang sudah membengkak.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan lainnya juga bisa untuk mengobati batuk, mual, melindungi hati, anemia, menghindarkan orang dari stress dan perasaan gelisah yang berlebih, dan masih banyak lagi. Sedangkan manfaat kunyit putih untuk kecantikan yaitu menjaga kelembapan kulit, menyegarkan kulit, serta mencegah penuaan dini.