manfaat asam lemak omega 3

Manfaat Asam Lemak Omega 3

manfaat asam lemak omega 3

Asam Lemak omega 3 merupakan senyawa penting yang dibutuhkan tubuh, omega 3 merupakan jenis lemak tak jenuh yang berperan penting bagi tubuh. Sering juga disebut bahan super dengan ragam manfaat menyehatkan bagi tubuh.

Asam lemak omega 3 tidak dapat diproduksi oleh tubuh, Anda bisa mendapatkanya dengan mengonsumsi minyak ikan, ikan tuna, ikan salmon, ikan salmon, kacang-kacangan, bayam dan buah alpukat.

Berikut ini Manfaat Asam Lemak Omega 3 yang kami kutip dari Bermanfaat.info.

1. Menurun Risiko Penyakit Jantung

Serangkaian penelitian mengungkapkan peran asam lemak omega-3 dalam kaitannya menurunkan risiko penyakit jantung. Omega 3 dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan salmon dapat menjaga kesehatan mata Anda. Penelitian yang dilakukan pada 2010 silam mengungkapkan mengonsumsi makanan tinggi omega 3 dapat mengurangi risiko penurunan fungsi mata karena faktor usia.

3. Mencegah Depresi

Asam lemak omega 3 dapat dapat meningkatkan efektivitas obat anti-depresan. Asam lemak omega 3 bekerja dengan mempengaruhi otak. Umumnya dokter akan menganjurkan konsumsi minyak ikan sebagai pendamping obat-obatan anti-depresan.

4. Menurunkan Risiko Stroke

Asam lemak omega 3 memiliki sifat anti-koagulan yang dapat mencegah pembekuan darah. Anti-koagulan dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam mencegah pembekuan darah. Dengan demikian, sirkulasi darah menjadi lancar dan menghindarkan Anda dari penyakit stroke.

5. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Penelitian yang dilakukan oleh University of Manchester mengungkapkan, rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radiasi sinar uv yang dapat menyebabkan kanker kulit.

6. Meningkatkan Penyerapan Vitamin

Asam lemak omega 3 dibutuhkan tubuh untuk melakukan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin D, vitamin E, Vitamin K dan Vitamin A. Dengan demikian vitamin yang Anda konsumsi dapat diserap oleh tubuh.

7. Mengurangi Nyeri Haid

Asam lemak omega 3 dapat mengurangi nyeri haid. Omega 3 dapat bekerja efektif mengurangi kadar prostaglandin yang menyebabkan nyeri saat haid. Kadar Prostaglandin yang meningkat saat haid memicu kejang dan kontraksi rahim.

Demikian pembahasan mengenai manfaat asam lemak omega 3 bagi kesehatan. Sebagai catatan, sebaiknya Anda memperoleh lemak omega 3 dari bahan makanan alami dan tidak berlebihan.