Kenapa Anak Susah Makan

Kenapa Anak Susah Makan?

Kenapa anak susah makan ? setiap orang tua menginginkan anak-anak mereka tumbuh dengan baik tanpa adanya hambatan dan masalah. Namun, terkadang ditengah jalan selalu ada-ada saja hal yang mengganggu. Seperti salah satu masalah yang kerap kali dihadapi oleh para orang tua ialah anak-anak mereka mengalami masa susah makan.

Hampir masalah susah makan pada anak ini terjadi pada sebagian besar anak-anak dimanapun. Pada usia tertentu anak-anak memang mengalami pertumbuha yang lambat. Mereka mulai bandel bila disuruh untuk makan. Rentang usia anak-anak mulai susah makan ialah pada usia 1 sampai usia 5 tahunan. Di masa ini orang tua kerap kali dibikin pusing dengan kelaukan anak-anak tersebut.

Ada berbagai macam alasan yang membuat anak-anak pada usia tersebut mengalami gejala susah makan. Sebagai orang tua Anda harus sudah paham bagaimana mengatasi permasalahan susah makan tersebut terhadap anak Anda. Meski kelihatannya sepele, namun jangan dianggap remah. Sebab terlambat penanganannya dapat menyebabkan hal-hal yang tidak baik bagi tumbuh kembang anak.

Oleh sebab itu, Anda tidak perlu cemas. Ada alternatif jitu yang bisa Anda lakukan apabila anak anda mengalami gejala susah makan. Anda dapat memberikan vitamin penambah nafsu makan anak kepada buah hati Anda. Supaya buah hati Anda lekas kembali mau makan seperti biasanya.

Dampak Buruk Dari Anak yang Susah Makan

Tahukah Anda, meski kelihatan sepele namun pada kenyataannya, membiarkan anak yang susah makan dan tidak segera menanganinya dapat berakibat kurang baik bagi anak-anak. Berikut ini ada beberapa dampak yang dapat terjadi apabila anak Anda tetap tidak mau makan. Oleh karena itu, Anda harus waspada dan perlu mengenali gejalanya.

  1. Menurunnya Daya Konsentrasi anak

Gejala anak susah makan dapat menimbulkan dampak yang kurang baik bagi tubuhnya. Salah satu dampak tersebut ialah menurunya daya konsentrasi anak. Mengingat makanan sangat penting bagi tubuh. Tidak makan berarti sama saja tubuh tidak mempunyai nutrisi. Sehingga bagi anak yang tidak makan dengan baik maka sudah pasti akan mengganggu sistem otak juga.

  1. Gangguan Pencernaan

Salah satu dampak lainnya yang akan terjadi apabila buah hati Anda susah makan, yang terjadi ialah mereka akan mengalami gangguan pencernaan seperti susah BAB, kekurangan serat dan lain sebagainya. Perut yang jarang diisi dengan makanan maka akan mengakibatkan organ pencernaan mengalami gangguan, mengganggu sistem kerja enzim dan penyerapan pada usus.

  1. Mengganggu Sistem Kerja Saraf

Apabila anak Anda susah makan maka hal ini dapat berdampak pada sistem kerja saraf dalam tubuhnya. Makanan tidak hanya memiliki manfaat sebagai penyuplay energi tubuh. Akan tetapi, makanan mempunyai peranan penting lainnya bagi tubuh seperti menjaga sistem kerja saraf yang ada ditubuh, baik saraf motorik maupun saraf sensorik.