kekayaan Indonesia yang mendunia

Kekayaan Indonesia Yang Terkenal Sampai Luar Negeri

Sudah menjadi rahasia umum bahwa negara Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki kekayaan alam melimpah dan kekayaan budaya yang beragam. Dengan Kekayaan alam dan budaya tersebut, menjadikan negara Indonesia dikagumi oleh negara-negara lain di dunia.

Salah satu contoh kekayaan Indonesia yang cukup terkenal di luar negeri adalah keberadaan tambang emas di daerah Papua. Meskipun memang tambang emas ini sahamnya lebih banyak dikuasai oleh bangsa lain yakni bangsa Amerika, tentu tetap tidak dapat menghapus statusnya sebagai tambang emas milik Indonesia.

Bukan itu saja kekayaan Indonesia yang terkenal di luar negeri. Dibawah ini telah kami rangkum berbagai jenis kekayaan Indonesia lainnya yang juga tak kalah terkenal di mata dunia.

Kekayaan Indonesia Yang Terkenal Sampai Luar Negeri

1. Memiliki makanan khas Indonesia yang mendunia

Orang-orang Indonesia terkenal dengan kepandaiannya dalam meracik bumbu dan resep makanan. Kepandaian tersebut, didukung juga oleh ketersediaan berbagai macam rempah-rempah dan sayur mayur yang memang hanya tumbuh di Indonesia. Banyak makanan khas Indonesia yang terkenal sampai luar negeri.

Makanan Khas Indonesia yang populer dan terkenal sampai luar negeri ada Rendang, nasi Goreng, Soto Ayam, Sate, Gado-gado, Gulai Kambing, Sop Buntut, Tempe dan masih banyak lagi.

Salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia dan terkenal akan kelezatannya ialah Rendang. Rendang yang merupakan makanan khas Padang ini sudah sangat populer dan terkenal yang mendapatkan banyak penghargaan diajang kulner dunia. Makanan ini bahkan sempat diperkenalkan pada ajang festival makanan yang diadakan di Jerman.

2. Mempunyai Tempat wisata kelas dunia

Selain ditumbuhi oleh berbagai jenis rempah-rempah dan sayur mayur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat makanan yang lezat. Tanah Indonesia juga dianugerahi keindahan yang menyejukkan pandangan. Karenanya tak heran, apabila saat ini kita menyaksikan orang-orang dari luar negeri sana berbondong-bondong datang ke Indonesia hanya untuk mengeksplore berbagi tempat wisata alam yang ada di tanah air.

Wisata pulau dewata Bali, pulau Lombok, pulau Papua dengan Raja Ampatnya sebagai wisata yang sudah dikenal dunia karena keindahannya yang membuat banyak wisatawan dari luar negeri berbondong-bondong datang ke Indonesia.

Salah satu lokasi wisata alam yang gaungnya terdengar sampai ke telinga orang-orang luar negeri dan membuat mereka datang ke Indonesia ialah wisata alam puncak gunung Rinjani. Gunung yang terletak di pulau lombok nusa tenggara barat ini, selain menawarkan jalur pendakian yang menantang, juga menjanjikan keindahan puncak dan pesona danau segara anak dengan segala keajaibannya.

3. Kesenian khas Indonesia yang Mendunia

Indonesia juga terkenal memiliki berbagai jenis kesenian yang menjadi ciri khas dari setiap daerahnya. Dan salah satu kesenian khas Indonesia yang terkenal sampai luar negeri ialah wayang. Kesenian khas Indonesia yang satu ini bahkan telah ditetapkan menjadi pertunjukan bayangan boneka tersohor oleh PBB melalui UNESCO pada tanggal 7 November 2003 silam.

Selain Wayang masih banyak kesenian asli Indonesia yang terkenal sampai luar negeri. Salah satu kesenian Indonesia yang populer dan terkenal di luar negeri adalah Seni tari. Tarian Indonesia yang mendunia seperti tari Reog Ponorogo, Tari Jaipong dari Sunda, Tari kecak dari Bali dan Tari Saman dari Aceh.

4. Olahraga tradisional asli Indonesia yang dipertandingkan di dunia

Indonesia juga memiliki olah raga yang merupakan asli dari Indonesia. Olahraga dari Indonesia yang paling terkenal sampai luar negeri adalah olahraga Pencak silat dan sepak takraw. Kedua olah raga ini sudah menjadi salah satu olah raga yang dipertandingkan di ajang olahraga Internasional seperti Sea games, asean games bahkan di ajang Olimpiade.

Mungkin diantara kita banyak yang tidak mengetahui bahwa olahraga sepak takraw ternyata merupakan olahraga asli Indonesia. Meski beberapa negara tetangga juga mengklaim sepak takraw sebagai olahraga yang berasal dari negara mereka, tapi fakta mengungkap bahwa olahraga sepak takraw ini ternyata berasal dari daerah sulawesi yang merupakan salah satu daerah yang ada di Indonesia. Jadi jangan sampai ikut-ikutan mengatakan bahwa olahraga takraw ini berasal dari Malaysia atau Thailand. Karena olahraga ini asli ciptaan nenek moyang dan milik bangsa kita.

5. Senjata khas asli Indonesia yang dikenal Dunia

Kalian pasti ingat bahwa dulu untuk berperang merebut kemerdekaan tanah air tercinta. Nenek moyang kita hanya menggunakan senjata tradisional kreasi mereka sendiri yaitu bambu runcing. Meski begitu, dengan pertolongan Allah dan semangat para pejuang, akhirnya senjata yang hanya terbuat dari bambu yang diruncingkan itu mampu memukul mundur para penjajah yang saat itu sudah dipersenjatai dengan senjata yang lebih canggih.

Senjata-senjata asli Indonesia yang terkenal sampai luar negeri diantaranya keris, kerambit, rencong dan masih banyak senjata-senjata tradisional yang memiliki history tinggi yang menjadi senjata buruan para wisatawan ketika berkunjung ke Indonesia.

Zaman berganti namun kreasi senjata buatan anak bangsa ternyata tidak mati bahkan tumbuh subur. Salah satu senjata modern karya asli Indonesia yang saat ini populer dan mendunia ialah kerambit, senjata yang biasanya dipakai untuk melengkapi seni bela diri pencak silat ini, sekarang bahkan diadopsi oleh bangsa Amerika sebagai tambahan senjata untuk para tentara mereka.

6. Binatang asli Indonesia yang Mendunia

Iklim tropis dan hutan yang luas di Indonesia menjadi lokasi yang nyaman bagi tumbuh dan berkembangnya flora dan fauna. Maka tak heran jika Indonesia dihuni oleh beragam jenis satwa yang beberapa diantaranya menjadi ciri khas tanah air di mata dunia.

Siapa yang tak kenal dengan komodo? kadal raksasa yang hanya ada di Indonesia ini kini telah menjadi salah satu icon Indonesia di mata dunia. Binatang Komodo ini menjadi salah satu binatang purba yang masih ada hingga saat ini. Semua peneliti dunia datang ke Indoensia untuk melihat binatang Komodo dan menelitinya.

Indonesia mendapatkan penghargaan internasional untuk keberadaan Pulau Komodo yang menjadi tempat tinggal binatang Komodo di Nusa Tenggara Timur.

Nah itulah beberapa kekayaan bangsa Indonesia yang terkenal sampai ke luar negeri. Sebagai bangsa pemilik, sudah selayaknya kita bersyukur dengan cara menjaga dan terus melestarikan kekayaan-kekayaan tersebut agar tidak punah atau diklaim bangsa lain. Seperti beberapa informasi yang dikutip dari www.asliindonesia.net.