Jenis tanaman aroma terapi

7 Jenis Tanaman Bunga untuk Aroma Terapi

Jika Anda berada dalam ruangan yang sejuk dan ditambah dengan harum semerbak wangi aroma terapi, maka itu dapat memberi rasa tenang dan rileks dan menghilangkan stress. Aroma terapi berfungsi sebagai pengubah suasana suatu ruangan. Tetapi hal itu tergantung jenis aroma yang dimunculkan serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Aroma terapi dapat dihasilkan dari harumnya tanaman hias yang diletakkan dalam ruangan.

7 Tanaman Hias yang Bisa Digunakan Untuk Aroma Terapi

  1. Bunga Melati

Pada bunga melati memiliki Ekstrak berbeda dari minyak esensial lainnya. Bunga ini di ekstrak dari sebuah cemara di Cina yang terdapat ekstrak Jasminum grandiflorum. Proses yang dilalui cukup panjang karena dimulai dari ekstraksi pelarut, kemudian proses bunga yang ditempatkan di atas lemak sebagai penyerap wewangian. Proses ini membutuhkan waktu beberapa hari, namun hanya menghasilkan sedikit minyak. Maka dari itu bunga melati adalah salah satu minyak esensial yang paling mahal. Bunga ini memiliki sifat penyembuhan yang kuat.

  1. Bergamot

Pohon jeruk Beragamia berasal dari Asia Tenggara menimbulkan ekstrak minyak beraroma sitrus yang manis, ekstrak ini juga dapat ditemukan di Italia dan di sepanjang Pantai Gading. minyak aromaterapi ini sangat populer dan banyak digunakan dalam parfum dan cologne. Manfaatnya untuk menenangkan dan mengobati stres, depresi, kecemasan, anoreksia, dan sejumlah infeksi termasuk infeksi kulit seperti psoriasis dan eksim.

  1. Bunga Chamomile

Ada dua jenis bunga Chamomile yaitu Chamomile Romawi dan Chamomile Jerman. Minyak aromaterapi diekstrakdari kedua bunga ini tetapi sifat penyembuhan yang sedikit berbeda. Dari kedua varietas Chamomile,  minyak pijat dapat dicampurkan dengan bunga ini dan digunakan pada terapi uap, atau dicampur dengan lotion serta krim. Aromaterapi ini memberi manfaat untuk menenangkan yang mana dapat mengangkat semangat, serta dapat bekerja sebagai antibiotik, antiseptik, dan antidepresan alami.

  1. Bunga Lavender

Bunga lavender memiliki arti sebagai pembersih dan perlu diketahui bahwa nama Lavender berasal dari Lavera bahasa Latin. Bunga ini merupakan salah satu minyak esensial yang paling populer karena bunga memiliki banyak manfaat baik. Aromaterapi ini diekstrak dari bunga dan melalui proses uap suling. Minyak ini sering dijadikan sebagai bahan utama pada sabun mandi. Fungsi dari baunya yang cukup kuat yaitu mampu menghilangkan stres, memyembuhkan flu, dan migrain.

  1. Bunga Mawar

Bunga mawar biasa dikenal dengan tanaman hias yang pesonanya yang sangat cantik dan memiliki berbagai makna. Ternyata bunga ini memiliki tempat khusus dalam pengobatan di China. Bunga mawar memiliki kandungan fenolat yang mana memiliki sifat anti-inflamasi, banyak vitamin serta mengurangi risiko terkena penyakit kanker, jantung dan diabetes. Sungguh banyak manfaat dari bunga yang satu ini.

  1. Bunga Hibiscus

Pernahkah Anda tahu tentang kembang sepatu? Ternyata kembang sepatu adalah nama lain dari bunga hibiscus. Bunga ini digunakan orang-orang untuk merileksasikan diri dengan cara dicampur teh. Bunga hibiscus juga mengandung anthocyanin dan antioksiden untuk mengontrol tekanan darah dan kadar kolestrol.

  1. Peppermint

Peppermintt merupakan aromaterapi yang banyak dipilih perempuan. Peppermint bermanfaat sebagai dekongestan, antispasmodik, dan stimulan. Aromaterapi ini digunakan juga untuk mengatasi mual dan kelelahan serta menyejukkan juga. Anda bisa menghirupnya secara terus menerus supaya mendapat manfaatnya.

7 Jenis bunga untuk aroma terapi yang telah dijelaskan diatas bisa anda cari dengan mudah di toko tanaman hias terdekat. Jadi, tunggu apalagi? Selamat mencoba!