Gambar Kunyit Untuk Maag

Herbal Asam Lambung

Asam lambung adalah penyakit yang sering terjadi pada masyarakat umum. Asam lambung atau maag terjadi karena lambung memproduksi asam yang berlebih. Sensasi yang dirasakan oleh penderita penyakit asam lambung adalah nyeri pada ulu hati dan sensasi seperti terbakar pada dada. Akibatnya si penderita akan merasa tidak nyaman setelah makan.

Penyebab asam lambung adalah permasalahan penyakit keturunan, stress, konsumsi obat-obatan tertentu, kelebihan berat badan atau obesitas, keadaan hamil, dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Telah banyak obat yang beredar di pasaran baik yang obat buatan pabrik maupun obat-obatan alami atau herbal.

Tidak sedikit para penderita asam lambung lebih memilih obat herbal karena mudah didapat dan harga yang terjangkau. Obat herbal yang diolah menggunakan bahan-bahan alami tanpa rekayasa kimiawi dapat dijangkau dengan mudah. Untuk anda yang ingin mengobati asam lambung dengan bahan alami tanpa ingin repot, anda bisa membelinya di toko herbal terdekat atau secara online.

Bahan-bahan Alami Untuk Mengobati Asam Lambung Anda

  1. Kunyit

Kunyit sering digunakan sebagai bahan obat herbal asam lambung karena khasiatnya. Salah satu penyakit yang dapat diobati menggunakan kunyit adalah asam lambung.

Rebuslah kunyit yang telah dipotong-potong kecil di air mendidih dengan volume 1,5 gelas selama 15 menit. Anda bisa menambahkan pemanis seperti gula merah atau madu agar rasanya enak. Kemudian tuanglah air dengan menggunakan saringan ke dalam gelas dan minumlah.

  1. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memang memiliki banyak manfaat. Selain berkhasiat untuk kecantikan. lidah buaya juga memiliki khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati asam lambung.

Cara meraciknya cukup mudah, dengan cara dibuat menjadi jus dan diminum. Pagi hari segera setelah anda bangun tidur, racik dan minumlah jus lidah buaya tersebut. Penyakit asam lambung anda akan berangsur sembuh. Kandungan yang terdapat pada lidah buaya membantu meredam inflamasi yang terjadi pada lambung anda.

  1. Jahe

Selain manfaatnya sebagai bumbu masakan, jahe sering digunakan sebagai campuran minuman hangat karena khasiatnya yang memberikan sensasi hangat. Tidak hanya itu, jahe juga memiliki khasiat untuk pengobatan, salah satunya adalah untuk mengobati asam lambung. Jahe dapat menetralkan asam lambung anda.

Meskipun jahe dapat diminum setiap hari, ada batasan dosis yang boleh dikonsumsi. Jika anda mengkonsumsinya melebihi batas yang dianjurkan, hal tersebut dapat mengakibatkan penyakit anda semakin parah. Konsumsilah jahe tidak lebih dari 4 gram sehari. Anda dapat mencampurnya menjadi bahan masakan ataupun minuman.

  1. Pisang

Selain mengandung serat yang membuatnya dapat memperlancar proses pencernaan, pisang juga bisa membantu mengurangi produksi asam lambung karena zat antasida yang dikandungnya. Tetapi tidak semua orang dapat mengkonsumsi pisang sebagai obat asam lambung. Jika setelah mengkonsumsi pisang penyakit anda malah terasa semakin parah, cobalah alternatif lain.