Cara Sablon Kaos Sendiri

Saat ini, untuk mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar tidaklah mudah. Bila anda tidak memiliki keahlian khusus atau jiwa wirausaha, maka anda akan berakhir sebagai pengangguran.

Cara Sablon Kaos Sendiri
Cara Sablon Kaos Sendiri

Untuk anda yang punya rasa ingin tahu tinggi, mungkin anda bisa membuka usaha sendiri meski tidak punya keahlian khusus. Anda bisa belajar cara sablon kaos sendiri, karena hal ini mudah dilakukan pemula.

Cara Sablon Kaos Sendiri untuk Pemula

  1. Sablon dengan fotokopi dan autan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kaos costum ini yaitu kaos, desain yang akan disablon, autan, serta setrika. Kaos yang anda siapkan akan lebih baik jika berwarna cerah atau putih. Desain yang dibuat lalu diprint dengan terbalik (mirror), setelah itu di fotokopi agar hasilnya lebih bagus. Bahan yang dibutuhkan lebih sederhana dibanding teknik lain.

Langkah awal pembuatan yaitu oleskan kertas desain yang sudah difotokopi dengan autan secara merata dan lumayan tebal. Letakkan kertas yang sudah diolesi autan di atas kaos yang akan disablon. Setrika kertas desain dengan suhu tinggi hingga autan menjadi kering, lalu angkat secara perlahan. Setelah itu, anda akan melihat design yang awalnya di kertas pindah ke kaos.

Bagi pemula lebih baik gunakan kaos jelek atau kain tidak terpakai, sehingga kalau hasilnya jelek anda tidak kecewa. Carilah fotokopi yang menggunakan tinta yang bagus agar desain bisa terlihat jelas disablon. Untuk kaos sablon memang tidak tahan lama seperti teknik lain, bila dicuci lama-lama hasil sablon jadi tipis. Agar lebih awet, anda bisa menyemprotkan pilox clear atau transparant.

  1. Sablon dengan printer color dan transfer paper

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk sablon ini yaitu komputer/laptop, printer warna, transfer paper, gunting, setrika, dan kaos polos. Untuk transfer paper terdiri dari 2 jenis, yaitu transfer paper clear untuk kaos berwarna cerah atau putuh. Sedangkan, transfer paper dark digunakan untuk kaos berwarna gelap atau hitam, anda bisa memilih kaos polos berwarna apa saja.

Untuk sablon dengan transfer paper clear

  1. Buat desain yang diinginkan menggunakan aplikasi komputer/laptop, seperti coreldraw atau photoshop

  2. Cetak desain secara terbalik (mirror) dengan transfer paper menggunakan printer warna

  3. Gunting desain yang sudah dicetak, sisakan 0.2 mm sisi desain sebagai border

  4. Letakkan kertas sablon atau karton di bawah kaos untuk alas

  5. Taruh transfer paper pada kaos, lalu gosokkan setrika di atasnya dengan suhu rendah selama 30 detik agar tidak lengket

  6. Buka kertas secara perlahan untuk memastikan semua sudah tertempel, lalu kaos sablon sudah bisa digunakan

Untuk sablon dengan transfer paper dark

  1. Desain gambar sesuai yang diinginkan menggunakan komputer atau laptop

  2. Cetak desain tidak perlu secara terbalik dengan transfer paper dark menggunakan printer dan atur peraturan agar pakai kualitas best

  3. Lepaskan kertas putih yang melekat pada transfer paper, lalu tempel bagian yang seperti membran elastis ke kaos

  4. Letakkan kertas minyak di atas lembar membran, gosok kertas dengan setrika tapi jangan terlalu lama

  5. Apabila cara sablon kaos sendiri ini berhasil, maka anda akan mendapat kaos sablon yang bagus