Cara menjaga kesehatan tulang

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Aktivitas tubuh kita sehari-hari dapat berjalan lancar karena kerjasama antara otot dan tulang yang baik. Tulang menjadi tempat menempelnya daging serta otot manusia. Masalah tulang yang umum seperti Tulang Keropos, Osteoporosis, Patah Tulang, Pegal-pegal, Sakit pada tulang, dan Keseleo.

Daftar masalah tulang diatas disebabkan karena kita kurang menjaga kesehatan tulang. Lantas apa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar tulang tetap sehat? Berikut ini tips dari kami.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

1. Jangan terlalu lama berdiam diri

Jika anda sering terpaku di posisi tubuh yang sama dalam rentang waktu yang lumayan lama, maka itu bisa menyebabkan kesehatan tulang terganggu, lakukanlah banyak gerakan-gerakan ringan seperti berjalan di tempat, memutar tubuh, dan menggele-gelengkan kepala.

2. Tidur dengan kasur yang nyaman

Posisi tidur yang salah dapat mengakibatkan rasa nyeri dibagian tulang. Untuk itu, awali dengan tempat tidur (kasur) yang empuk dan nyaman.

3. Duduk dengan posisi yang baik dan benar

Kebanyakan dari kita mengabaikan hal sepele seperti posisi duduk, padahal ketika posisi duduk salah, maka akan timbul pegal-pegal.

Posisi duduk yang benar, diantaranya dengan menggunakan kursi yang mempunyai sandaran penuh hingga ke kepala, usahakan kaki menapak ke lantai, duduk dengan posisi tegak dan rikleks.

Rasa pegal-pegal akibat posisi duduk yang salah berpotensi juga mengakibatkan nyeri punggung dan masalah lainnya. Maka dari itu, perbaiki posisi duduk anda!

4. Berjalan kaki dan menaiki tangga

Walaupun tergolong sebagai olahraga ringan, tetapi berjalan kaki sangat membantu kesehatan tubuh. Paling tidak berjalanlah 1-2 kilometer setiap hari, dan naik 10 anak tangga sebagai 5-6 kali.

5. Konsumsi makanan berkalsium

Konsumsi susu, kentang, keju, sayuran, buah, tempe, dan makanan lainnya yang mempunyai kalsium yang tinggi. Karena manfaat kentang dan makanan-makanan tersebut bisa menyehatkan tulang.

6. Pahami cara jatuh yang benar

Ketika seseorang terjatuh dan dengan posisi yang benar, maka potensi kerusakan akan semakin minim. Untuk itu apabila anda jatuh, usahakan agar posisi badan jatuh dalam keadaan meringkuk dan jatuh menyamping.