Mengajar Anak PAUD

Cara Mengajar Anak PAUD

Hampir semua orang bisa mengajar tetapi tidak semua orang bisa mengajar anak-anak PAUD dan TK, karena tidak semua orang bisa menghadapi anak-anak. Apalagi untuk mengajar anak-anak PAUD terbilang sulit dan tidak mudah. Karena anda harus mengajar anak yang sedang dalam masa golden age, masa di mana potensi anak-anak sedang berkembang dengan baik.

Mengajar Anak PAUD
Mengajar Anak PAUD

Mengetahui cara mengajar anak-anak PAUD dengan cara yang efektif dan menyenangkan merupakan hal yang penting bagi guru. Guru harus memiliki trik dan strategi yang tepat dalam mengajar anak-anak tersebut, anda bisa mencoba membuat cerita anak yang menarik yang bisa anda ceritakan kembali kepada mereka di kelas agar anak-anak merasa senang dan tidak bosan.

Cara Mengajar Anak PAUD Dengan Cara Yang Efektif Dan Menyenangkan

1. Mengkondisikan ruang belajar agar menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan

Ruang belajar untuk anak-anak PAUD bisa dianalogikan sebagai kolam, jika kolamnya ternyata kotor dan tidak mendapat sirkulasi udara yang baik maka ikan yang ada di dalamnya tidak akan nyaman apalagi betah. Begitu juga dengan ruang belajar yang digunakan oleh anak-anak PAUD, jika tidak kondusif maka anak-anak tidak akan betah berada di sana. Lakukan teknik pengkondisian ruang belajar agar membuat anak-anak nyaman dan betah, caranya yaitu :

  • Pastikan ruang kelas selalu dalam keadaan rapi dan bersih sehingga konsentrasi anak-anak tidak pecah karena ruangannya kotor atau banyak barang yang berserakan.
  • Lengkapi ruang kelas dengan media yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu materi pelajaran, gunakan media yang bagus dan menarik minat anak-anak.
  • Lakukan penataan tempat duduk yang selalu berpindah-pindah setiap harinya agar anak-anak tidak bosan duduk di tempat yang itu-itu saja.
  • Perhatikan sirkulasi udara di dalam kelas, buka jendela agar udara bisa keluar masuk. Lalu gunakan parfum ruangan agar ruang kelas selalu wangi.
  • Dekorasikan kelas dengan banyak pernak pernik dan hiasan yang menarik, atau libatkan anak-anak dalam mendekorasikan kelas agar mereka merasa senang karena ikut menata kelas yang mereka tempati.

2. Kondisikan kesiapan psikis anak-anak dalam belajar

Hal ini sangat penting dalam metode pembelajaran yang efektif, karena jika anak-anak belum atau tidak siap untuk belajar maka sia-sia saja materi yang guru ajarkan kepada mereka. Lakukan tips berikut, cara mengkondisikan anak-anak agar siap belajar secara psikis diantaranya sebagai berikut :

  • Membiasakan anak-anak berdoa bersama sebelum memulai pelajaran di sekolah, beri tahu mereka makna berdoa sebelum belajar agar mereka paham pentingnya berdoa.
  • Memulai pelajaran dengan sedikit humor dan tawa agar anak-anak merasa rileks selama pelajaran berlangsung.
  • Adakan sesi bercerita bersama anak-anak, melalui kegiatan ini anak-anak akan terbiasa mencurahkan apa yang mengganggu pikiran atau perasaan mereka.