8 Manfaat Kumis Kucing Sebagai Obat Alami Untuk Kesehatan

Tanaman kumis kucing tentu sudah sudah tidak asing bagi Anda karena tanaman ini dapat mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Menjadi salah satu jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan herbal. Dan salah satu manfaat kumis kucing yang paling terkenal yaitu untuk memperlancar buang air kecil.

Karena mempunyai khasiat tersebut, tak heran bahwa banyak orang memanfaatkan tanaman satu ini untuk mengobati sakit ginjal mulai dari batu ginjal hingga infeksi ginjal. Tak hanya itu saja, bahkan masih ada manfaat kumis kucing lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya.

Dan berikut, beberapa manfaat kumis kucing yang untuk kesehatan.

  1. Mengontrol Tekanan Darah (Hipertensi)

Manfaat kumis kucing yang pertama bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengatasi tekanan darah yang diakibatkan oleh pola makan tidak teratur, mengonsumsi secara berlebih makanan berlemak atau mengonsumsi garam terlalu banyak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan air rebusan daun kumis kucing secara rutin guna kembali menormalkan tekanan darah.

  1. Mengobati Demam dan Masuk Angin

Untuk mendukung tubuh selalu fit, menjalani pola hidup sehat dan menghindari aktivitas berat bisa ada lakukan supaya tubuh terhindar dari kelelahan.

Bahkan, Anda bisa membuat ramuan dengan cara membuat air rebusan daun kumis kucing supaya terhindar dari masuk angina. Bahkan, apabila mengalami demam tinggi Anda bisa menurunkannnya dengan bahan herbal satu ini.

  1. Mengobati Asam Urat

Apabila Anda sering mengalami masalah pada bagian persendian, Anda dapat mengonsumsi daun kumis kucing sebagai obat herbal asam urat. Hal ini dikarenakan bahwa manfaat kumis kucingterdapat kadar kalsium yang tinggi sehingga sangat berperan penting untuk mengembalikan kesehatan tulang. Sehingga rasa nyeri di daerah persendian lama-kelamaan akan hilang.

  1. Mengobati Gatal Akibat Alergi

Apabila Anda mempunyai riwayat kesehatan gatal-gatal karena alergi, maka Anda bisa mengatasinya dengan daun kumis kucing. Dengan mengonsumsi ramuan yang terbuat dari air rebusan daun kumis kucing, maka dapat meningkatkan system kekebalan tubuh sehingga rasa gatal pun dapat teratasi.

  1. Mencegah dan Mengobati Sembelit

Sembelit merupakan kondisi dimana Anda akan merasa sulit untuk buang air besar. Untuk mencegahnya perbanyak mengonsumsi makanan berserat , olahraga cukup dan minum air putih yang cukup.

Apabila tingkat sembelit Anda sudah parah, maka imbangi dengan mengonsumsi air rebusan duan kumis kucing. Ya, karena manfaat kumis kucing juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah sembelit.

  1. Menurunkan Kadar Glukosa

Penyakit diabetes memang merupakan penyakit yang disebabkan pola makan tidak sehat, rendahnya produksi hormone insulin serta asupan gula yang berlebihan.

Manfaat kumis kucing juga bisa gunakan untuk mengatasi masalah kesehatan satu ini. Konsumsi air rebusan daun kumis kucing secara rutin serta hindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula agar kadar gula dalam darah menjadi normal.

  1. Mengobati Sakit Pinggang

Apabila Anda kerap mengalami sakit pinggang, maka Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun kumis kucing

Caranya siapkan beberapa lembar daun kumis kucing, setelah itu rebus bersama 3 gelas air minum hingga tersisa 1,5 gelas. Air rebusan itulah yang bisa Anda konsumsi setiap harinya untuk mengatasi masalah sakit pinggang Anda.

  1. Mengobati Penyakit Albuminuria

Penyakit ini ditAndai dengan adanya albumin yang terdapat pada urine dimana penyakit ini disebabkan adanya infeksi pada saluran kencing. Manfaat kumis kucing yang bisa Anda lakukan dengan cara membuat ramuan dengan daun kumis kucing. konsumsi air rebusan tersebut secara rutin agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Untuk mendapatkan manfaat kumis kucing secara optimal, Anda membutuhkan waktu dan tentu saja harus rutin mengonsumsinya.